PKS Kritik Balik PPP

Tak Mau Salahkan Menteri dalam Penanganan Bencana

PKS Kritik Balik PPP
PKS Kritik Balik PPP
JAKARTA - Wacana yang dilontarkan PPP agar presiden menjadikan kinerja menteri dan pimpinan lembaga setingkat menteri dalam penanganan bencana sebagai bahan evaluasi dalam melaksanakan reshuffle direspons pedas oleh PKS. Bagi PKS, permasalahannya tidak terletak pada kinerja menteri, tetapi lebih kepada kinerja Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB) selaku koordinator di lapangan.

"Tidak usahlah bikin pernyataan yang bisa membuat masyarakat bertambah antipati dengan politik. Tetapi, kalau mau tek-tok isu reshuffle, ya nggak apa-apa," kata Wasekjen DPP PKS Mahfudz Siddiq kemarin (9/11), lantas tertawa. Saat dihubungi, ketua Komisi I DPR itu mengatakan tengah berada di Muntilan, Magelang, Jawa Tengah.

Mahfudz menyampaikan bahwa semua langkah penanganan bencana dikoordinasikan oleh BNPB. Bahkan, Presiden SBY telah menegaskan bahwa institusi pimpinan Syamsul Muarif tersebut merupakan lembaga nasional setingkat menteri. Karena itu, BNPB harus mampu mengoordinasi seluruh elemen yang ada, termasuk para menteri.

"Tetapi, karena sistem belum terbangun, instrumen belum lengkap, dan SDM belum siap, ini seperti leher botol. Sumbatan banyak di BNPB. Jadi, kalau mau menembak, justru ke BNPB," ujar Mahfudz. Dia mencontohkan, anggaran Rp 200 miliar untuk Merapi-Jogjakarta saja belum terserap secara optimal.

JAKARTA - Wacana yang dilontarkan PPP agar presiden menjadikan kinerja menteri dan pimpinan lembaga setingkat menteri dalam penanganan bencana sebagai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News