Besok, Mendiknas dan Dubes Mesir Bahas Visa Mahasiswa

Besok, Mendiknas dan Dubes Mesir Bahas Visa Mahasiswa
Besok, Mendiknas dan Dubes Mesir Bahas Visa Mahasiswa
JAKARTA - Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh menerangkan bahwa Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) bersama dengan Kedutaan Besar (Kedubes) Mesir di Indonesia, akan bertemu untuk membahas mengenai persiapan pengurusan visa bagi mahasiswa Indonesia yang akan kembali melanjutkan studi  ke Mesir.

"Besok saya akan ketemu dengan Duta Besar Mesir, untuk membahas visa mahasiswa Indonesia yang akan kembali ke Mesir. Mengenai pengurusan visa ini memang ada di pihak Mesir. Oleh karena itu, kami nanti kami juga akan berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Mesir, serta akan menaruh kepercayaan penuh pada kedutaan kita di sana," ungkap Mendiknas ketika ditemui di Gedung Kemdiknas, Jakarta, Rabu (16/2).

Dijelaskan M Nuh, pada prinsipnya karena Kemdiknas yang melakukan evakuasi mahasiswa di Mesir untuk kembali ke Indonesia, maka Kemdiknas pula yang akan bertanggung jawab untuk mengembalikan mahasiswa Indonesia ke Mesir. "Tadi pagi, kami sudah rapat dengan pihak-pihak terkait. Pertama, kami akan mematangkan analisis yakni dengan melakukan pendataan mahasiswa. Pasalnya, cukup banyak mahasiswa Indonesia di Mesir, yakni mencapai 2.300 orang. Kedua, kami juga akan menyiapkan petunjuk praktis, yakni menjelaskan bagaimana cara untuk kembali ke Mesir, yang akan kami kirimkan ke alamat mahasiswa itu masing-masing," jelasnya.

Selain itu, mantan Rektor ITS ini juga mengungkapkan bahwa Kemdiknas juga akan melakukan koordinasi dengan beberapa universitas atau perguruan tinggi di Mesir, tempat mahasiswa-mahasiswa Indonesia menuntut ilmu. Esensinya, lanjut Mendiknas, Kemdiknas akan bertanggung jawab penuh terhadap proses pengembalian mahasiswa Indonesia ke Mesir.

JAKARTA - Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh menerangkan bahwa Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) bersama dengan Kedutaan Besar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News