Danau Paniai Meluap, Warga Terancam Kelaparan

Danau Paniai Meluap, Warga Terancam Kelaparan
Danau Paniai Meluap, Warga Terancam Kelaparan
JAYAPURA - Banjir luapan Danau Paniai yang merendam 7 distrik di wilayah Kabupaten Paniai diprediksi bakal membawa dampak kelaparan bagi ribuan warga. Pasalnya, semua lahan pertanian rusak dan tidak bisa berproduksi.

 "Ada 7 distrik yang tergenang air luapan Danau Paniai, dimana kondisinya cukup parah karena semua lahan pertanian dan perikanan serta pemukiman warga terendam air dan sama sekali tidak bisa digunakan," kata Bupati Kabupaten Paniai, Naftali Yogi kepada wartawan di Jayapura.

Curah hujan yang cukup tinggi selama 3 bulan terakhir mengakibatkan air Danau Paniai yang terletak di Kabupaten Paniai meluap dan merendam 7 distrik. Selain menelan korban sebanyak 10 orang, luapan air setinggi 2-4 meter juga merusak lahan pertanian dan pemukiman warga, bahkan sebanyak 10 ribu warga terancam kelaparan dan terjangkit wabah penyakit.

Dijelaskan pula Naftali, dengan situasi ini warga tidak mempunyai hasil panen, padahal pertanian dan perikanan adalah sumber utama  mata pencarian warga. Saat ini berbagai penyakit juga mulai bermunculan di tujuh distrik yang masih tergenang air, antara lain: penyakit Kolera, Tipes, ISPA dan Malaria. "Pemerintah sudah mengimbau kepada warga supaya tidak mengonsumsi air danau, mempersiapkan obat-obatan dan tenaga medis dalam jumlah yang masih terbatas," ujarnya.

JAYAPURA - Banjir luapan Danau Paniai yang merendam 7 distrik di wilayah Kabupaten Paniai diprediksi bakal membawa dampak kelaparan bagi ribuan warga.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News