Debu Vulkanis Bisa ke Inggris Hari Ini

Dampak Letusan Gunung di Islandia

Debu Vulkanis Bisa ke Inggris Hari Ini
Foto: AFP
REYKJAVIK - Setelah meletus Sabtu malam (21/5), gunung berapi Grimsvoetn di Islandia terus mengeluarkan debu vulkanis ke angkasa. Bahkan, angin yang berembus ke arah selatan diperkirakan membawa debu itu hingga ke wilayah Inggris hari ini (24/5).

Debu tersebut bisa memaksa otoritas menutup sejumlah bandara dan jalur penerbangan menuju Inggris. Peringatan terbaru mengenai dampak debu vulkanis Grimsvoetn itu didasarkan pada perkiraan cuaca lima hari ke depan.

Namun, para ahli mencatat bahwa pola angin bisa saja berubah dan pergerakan debu vulkanis bisa jadi menjauh dari langit Inggris. Meski demikian, jika letusan berlanjut dengan intensitas yang sama dan pola angin tidak berubah, debu vulkanis bisa mencapai wilayah utara Skotlandia hari ini (24/5), lalu menyebar ke Inggris. Selanjutnya, menuju Prancis atau bahkan Spanyol pada Kamis (26/5) atau Jumat (27/5) mendatang.

Kepada Agence France-Presse, juru bicara Isavia selaku otoritas bandara di Islandia menyatakan bahwa pihaknya berharap bandara utama Keflavik bisa dibuka lagi kemarin atau tadi malam (23/5). "Kami bisa tahu perkembangan terakhir pukul 12.00 (waktu setempat atau kemarin petang WIB) saat mendapatkan informasi baru mengenai kondisi persebaran debu," jelasnya.

REYKJAVIK - Setelah meletus Sabtu malam (21/5), gunung berapi Grimsvoetn di Islandia terus mengeluarkan debu vulkanis ke angkasa. Bahkan, angin yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News