Sabtu, 20 Desember 2014 | 23:28:34
Home / Pendidikan / Kemdiknas-BRI Siapkan Beasiswa Rp 8 Miliar

Selasa, 31 Mei 2011 , 17:11:00

BERITA TERKAIT

JAKARTA- Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) menjalin kerjasama untuk memberikan beasiswa kepada mahasiswa asal daerah terpencil di wilayah Indonesia Timur. Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh mengatakan, di dalam kerjasama tersebut disediakan anggaran sebesar Rp 8 miliar.

“Bentuk kerjasama yang dimaksud di sini adalah adanya alokasi anggaran dari Kemdiknas kepada para mahasiswa berupa biaya pendidikan dan bantuan biaya non pendidikan berupa biaya hidup, biaya transport, asuransi pendidikan dan bantuan pengadaan laptop dari Bank BRI. Total bantuan beasiswa ini bernilai sekitar Rp8 miliar," ungkap Nuh ketika ditemui usai penandatangan MoU bersama Bank BRI di Gedung Kemdiknas, Jakarta, Selasa (31/5).

Nuh juga menjelaskan calon penerima beasiswa merupakan penduduk asli yang berdomisili di provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Sulawesi Utara dan NTT serta yang sudah lulus ujian Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Nengeri (SNMPTN).

Dari beberapa kandidat penerima easiswa, lanjut Nuh, peserta yang telah lulus tes seleksi harus mau menjalani masa pendidikan di perguruan tinggi di Pulau Jawa. Adapun perguruan tinggi yang dimaksud, antara lain Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Jenderal Sudirman (Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga dan Universitas Sebelas Maret. 

“Mengenai bidang ilmu yang ditawarkan, tentunya sesuai dengan minat dan bakat masing-masing penerima beasiswa,” imbuh Nuh.

Direktur Utama Bank BRI, Sofyan Basir menambahkan kerjasama yang bertajuk Program Beasiswa Nusantara Cerdas ini merupakan sebuah kerjasama mutualisme antara pemerintah dan badan usaha milik negara dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Proses seleksi peneriman calon penerima beasiswa, terang Sofyan, dilakukan secara bersama, transparan dan akuntabilitas. "Kami berharap sistem pemberian beasiswa ini bisa lebih terkontrol dan terlaksana secara professional," ujar Sofyan. (cha/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar
 
        1. 28.10.2012,
          12:33
          thomas danianto
          saya butuh dana ini karna sy,kesulitan biaya kuliah
        2. 21.03.2012,
          22:01
          yudsuf hasibuan
          saya sangat antusias kepada bapak mentri pendidikan(muhammad nuh,yang telah meluncurkan dana beasiswa kepada seluruh elemen mahasiswa krg mampu.
        3. 01.10.2011,
          09:15
          Evi Roslia Wardani
          Beasiswa itukah terdapat di seluruh indonesia ??
          dan universitas apa saja penyalur beasiswa itu ?.......,
        4. 02.07.2011,
          23:35
          solekhuddin
          Kapan mulai di buka pendaftarannya???? sayaratnya apa saja?
        5. 11.06.2011,
          13:09
          hanifan
          kapan ya pendaftaran beasiswanya dan persyaratannya apa jaa, thqz
        6. 09.06.2011,
          12:59
          ALI NURDIN
          mau tanya pendaftarannya kapan? terus persyaratannya ap aj...
          trm kash

        此页面上的内容需要较新版本的 Adobe Flash Player。

        获取 Adobe Flash Player