BPS: 13 Juta Keluarga Tak Punya Rumah

BPS: 13 Juta Keluarga Tak Punya Rumah
BPS: 13 Juta Keluarga Tak Punya Rumah
JAKARTA - Jumlah keluarga di Indonesia yang tak memiliki rumah ternyata cukup banyak. Buktinya, data dari Badan Pusat Statistik (BPS) 2010 menyebutkan, sebanyak 22 persen atau 13 juta keluarga dari 61 juta rumah tangga Indonesia tidak punya tempat tinggal.

"Mereka ini rata-rata tinggal di 'Pondok Mertua Permai', kos-kosan, (atau) kontrakan," ungkap Kepala BPS Rusman Heriawan, usai penandatanganan kesepakatan bersama (MoU) antara Kemenpera dengan Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT), BPS, Bakosurtanal, Asbanda dan PKO, di Kantor Kemenpera, Rabu (1/6).

Ditambahkan Rusman, saat ini jumlah penduduk Indonesia (sesuai Sensus Penduduk 2010) mencapai 240 juta jiwa, dengan jumlah rumah tangga sekitar 61 juta. Dari angka tersebut, sekitar 78 persen penduduk Indonesia telah mempunyai tempat tinggal. Hanya saja katanya, masih banyak di antaranya yang tinggal di daerah ilegal.

"Jadi, meski tempat tinggal mereka di tempat ilegal, mereka tetap mengaku punya rumah," ujarnya.

JAKARTA - Jumlah keluarga di Indonesia yang tak memiliki rumah ternyata cukup banyak. Buktinya, data dari Badan Pusat Statistik (BPS) 2010 menyebutkan,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News