Reformasi Birokrasi Sudah di Titik Kritis

Reformasi Birokrasi Sudah di Titik Kritis
Reformasi Birokrasi Sudah di Titik Kritis
JAKARTA--Pelaksanaan reformasi birokrasi sudah masuk pada titik kritis. Pasalnya, pelaksanaan reformasi birokrasi untuk seluruh kementerian/lembaga (K/L) tingkat pusat, harus sudah terlaksana pada akhir 2014. Sedangkan untuk daerah ditargetkan selesai di 2025.

Demikian ditegaskan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Azwar Abubakar di Jakarta, Kamis (10/11). "Posisi kita saat ini ada di titik kritis pelaksanaan reformasi birokrasi. Kalau untuk pusat tinggal tiga tahun lagi selesai," ujarnya.

Dikatakannya, sampai saat ini sudah cukup banyak instansi pemerintah yang berupaya mewujudkan reformasi birokrasi sesuai grand design dan road map reformasi birokrasi. Hanya saja pelaksanaannya belum berjalan baik sehingga diperlukan monitoring yang kredibel untuk pengukuran objektif.

"Telah disusun model Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) yang merupakan hasil adopsi dari model Common Assesment Framework (CAF). Model ini, mengandalkan penilaian mandiri dalam penilaian kinerja instansi pemerintah, dan mengembangkan rencana perbaikan kinerja dengan menggunakan prinsip-prinsip Total Quality Manajemen (TQM) dengan perbaikan secara berkelanjutan," jelas menteri asal Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

JAKARTA--Pelaksanaan reformasi birokrasi sudah masuk pada titik kritis. Pasalnya, pelaksanaan reformasi birokrasi untuk seluruh kementerian/lembaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News