Ke Iran, Tim IAEA Periksa Program Nuklir

Ke Iran, Tim IAEA Periksa Program Nuklir
Ke Iran, Tim IAEA Periksa Program Nuklir
TEHERAN - Pemerintah Iran akhirnya membuka pintu dan akses bagi masuknya tim inspeksi dari Badan Energi Atom Internasional (IAEA) ke negara itu. Kemarin (29/1) tim inspeksi itu tiba di Teheran untuk memulai kunjungan selama tiga hari guna mempelajari tujuan program nuklir Iran.

Kunjungan ini dilakukan di tengah meningkatnya ketegangan di antara Teheran dengan negara-negara Barat terkait aktivitas nuklir Iran. Menurut Direktur Jenderal IAEA Yukiya Amano, Iran cukup kooperatif dan menjawab seluruh pertanyaan yang akan diajukan tim inspeksi. Selama ini pemerintahan Negeri Parah Mullah itu berkali-kali membantah tuduhan Barat bahwa pengembangkan program nuklirnya bertujuan untuk membangun senjata.

 

Tim inspeksi berharap kunjungan ini bisa menyelesaikan isu besar yang memicu ketegangan antara Iran dan Barat terkait program nuklirnya. "Secara khusus kami berharap Iran akan bekerja sama dengan kami terkait kecurigaan internasional soal adanya dimensi militer dalam program nuklir mereka," terang Deputi Direktur IAEA Herman Nackaerts sesaat sebelum meninggalkan Bandara Wina menuju Teheran, Iran.

 

Perwakilan Iran di IAEA Ali Asgar Soltaniyeh menyebut bahwa inspeksi tersebut akan menggagalkan skenario Barat dan membuktikan bahwa tujuan program nuklir negerinya semata-mata untuk kepentingan damai.    

 

TEHERAN - Pemerintah Iran akhirnya membuka pintu dan akses bagi masuknya tim inspeksi dari Badan Energi Atom Internasional (IAEA) ke negara itu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News