Jalur Magelang-Jogja Putus

Banjir Lahar Capai Setinggi 4 Meter

Jalur Magelang-Jogja Putus
Jalur Magelang-Jogja Putus
MAGELANG - Banjir lahar dingin kembali terjadi di seluruh bantaran sungai yang berhulu di Gunung Merapi, kemarin (25/2) petang. Banjir paling besar terjadi di bantaran Kali Pabelan dan memutus jalur alternatif Magelang-Jogjakarta via Jembatan Bojong Kojor, Desa Bojong, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jateng.

Jembatan yang kerap menjadi alternatif saat jembatan utama di Jalan Magelang-Jogjakarta itu ditutup karena material setinggi hampir 4 meter melewati badan jembatan. "Banjir kali ini datang sangat besar. Dari puncak terpantau hampir 5 meter dan sampai di sini (Jembatan Bojong Kojor, Red) mencapai 4 meter dari dasar sungai dan lebar 50 meter," jelas salah seorang relawan pemantau banjir, Hendrik.

Besarnya material yang larut terbawa banjir juga membuat jalan utama Magelang-Jogjakarta sempat ditutup. Relawan khawatir banjir akan meruntuhkan jembatan Pabelan seperti pada 31 Maret 2011 lalu.

Alhasil, jalur utama tersebut mengalami kepadatan. Apalagi, saat banjir datang, tidak ada satupun petugas kepolisian yang mengamankan jalan. "Kita sengaja tutup, karena kita tidak berani berspekulasi," sambung Anton, relawan lainnya.

MAGELANG - Banjir lahar dingin kembali terjadi di seluruh bantaran sungai yang berhulu di Gunung Merapi, kemarin (25/2) petang. Banjir paling besar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News