PTS Berharap Alokasi Beasiswa Bisa Dinaikkan

PTS Berharap Alokasi Beasiswa Bisa Dinaikkan
PTS Berharap Alokasi Beasiswa Bisa Dinaikkan
JAKARTA - Angin segar bagi mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang berprestasi di kampus swasta (PTS). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Ditjen Pendidikan Tinggi (Dikti) mengalokasikan 2.000 dari 40.000 kuota beasiswa Bidikmisi untuk PTS tahun ini.

Pihak kampus swasta pun menyambut gembira alokasi itu. Tapi, mereka meminta ada peningkatan alokasi setiap tahunnya. "Itu agar dikotomi perlakuan pemerintah terhadpa mahasiswa di kampus negeri dan swasta tidak kian tebal," kata Ketua Umum Aptisi (Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia) Edy Suandi Hamid kemarin.

Rektor UII Jogjakarta itu mengatakan, sejatinya alokasi dari pemerintah tersebut masih terlalu minim. Sebab, saat ini jumlah PTS di seluruh Indonesia mencapai 3.100 unit. "Jadi kalau dibagi satu-satu per kampus, tidak cukup," katanya.

Dia meminta, ke depan pemerintah terus meningkatkan alokasi Bidikmisi kepada kampus swasta. Dia membandingkan ada beberapa PTN yang memperoleh jatah Bidikmisi hingga ribuan kursi. Menurut Edy, di PTS juga banyak mahasiswa miskin yang berprestasi.

JAKARTA - Angin segar bagi mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang berprestasi di kampus swasta (PTS). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News