Orang Batak di Mentawai Luar Biasa

Orang Batak di Mentawai Luar Biasa
Orang Batak di Mentawai Luar Biasa
JAKARTA- Dari total sekitar 80.000 jiwa penduduk di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumbar, ternyata hampir 20 persennya merupakan orang batak. Dan luarbiasanya sebagaimana dikemukakan Bupati Mentawai, Yudas Sabaglet kepada JPNN, mayoritas dari orang Batak tersebut berperan cukup luarbiasa bagi kemajuan Mentawai.

Apalagi ternyata menurut Yudas, sejak awal masuknya orang Batak ke Mentawai sekitar tahun 1960-an lalu, mereka berperan sebagai penginjil. Dan ditengah peran tersebut, uniknya selalu dipadukan dengan mengembangkan pola pikir masyarakat, yaitu dengan memberi pengajaran-pengajaran ilmu pengetahuan. Baik terkait masalah pertanian, kesehatan dan banyak hal-hal lainnya. Makanya tidak heran jika kemudian, banyak orang batak di Mentawai saat ini menurut Yudas, yang berprofesi sebagai guru.

Selain tentunya banyak juga yang berprofesi  sebagai pedagang maupun pegawai negeri sipil lainnya. Dan hasilnya, berkat peran nyata orang Batak, banyak SDM asli Mentawai yang telah berhasil mengantongi ijazah setingkat sarjana, S2 maupun hingga S3.

“Jadi sangat luarbiasa perannnya. Karena tidak hanya secara rohani semata, tapi juga mengajarkan ilmu pengetahuan seperti terkait pelatihan pertanian, kepemimpinan dan lain sebagainya.”

JAKARTA- Dari total sekitar 80.000 jiwa penduduk di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumbar, ternyata hampir 20 persennya merupakan orang batak. Dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News