Sertu Ade Kusnadi, Prajurit Kopassus Cijantung Perancang Mobil Rantis TNI

Ditawari Gaji Selangit oleh Perusahaan Italia

Sertu Ade Kusnadi, Prajurit Kopassus Cijantung Perancang Mobil Rantis TNI
Sertu Ade Kusnadi, prajurit Kopassus di balik pembutan prototype rantis baru untuk TNI di Karawang, Jawa Barat. Foto : Thomas Kukuh/ JAWA POS
Tidak banyak prajurit TNI yang memiliki kemampuan seperti Sertu Ade Kusnadi. Dia membuktikan bahwa seorang bintara juga bisa membuat karya fenomenal di luar medan perang. Ade kini dipercaya membuat kendaraan taktis yang akan digunakan seluruh TNI.

 
 THOMAS KUKUH - Jakarta
 

DUA mobil besar dengan balutan cat doreng dan hijau army terpajang di salah satu gedung PT Auto Car Karawang. Ya, dua mobil itu adalah kendaraan khusus tentara. "Ini memang mobil rantis (kendaraan taktis). Tapi, masih prototipe pertama," kata Sertu Ade Kusnadi ketika ditemui Jawa Pos, Kamis (5/4).

 

Dia menjelaskan, saat ini prototipe mobil kedua sedang dibangun sebagai penyempurnaan. Jika lolos uji, kendaraan tersebut bisa diproduksi secara masal. Itulah kendaraan "perang" hasil kreativitas prajurit Kopassus tersebut. Karena itu, tak heran bila nama Ade pun cukup dikenal luas di kesatuan baret merah tersebut.

 

Ade merancang kendaraan itu secara total. Mulai desain, estimasi penggunaan bahan, perhitungan aerodinamika, sistem persenjataan, hingga pembuatannya.

Tidak banyak prajurit TNI yang memiliki kemampuan seperti Sertu Ade Kusnadi. Dia membuktikan bahwa seorang bintara juga bisa membuat karya fenomenal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News