Senin, 21 April 2014 | 04:26:24

Content on this page requires a newer version of Adobe Flash Player.

Get Adobe Flash player

Home / Pendidikan / Pendaftaran SNMPTN Dibuka Malam Ini

Kamis, 10 Mei 2012 , 05:03:00

RELATED NEWS

JAKARTA - Pelajar kelas 3 SMA yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi negeri (PTN) bisa bersiap-siap. Mulai pukul 00.00 nanti malam, pendaftaran
Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sudah dibuka secara online.

Ketua Panitia Pusat SNMPTN Akhmaloka menuturkan, metode pendaftaran tahun ini berbeda dibanding tahun sebelumnya. "Tahun ini pendaftaran bisa dilakukan sendiri oleh calon peserta SNMPTN secara online. Jika sebelumnya, pendaftaran diproses oleh teller bank bersamaan dengan biaya ujian," jelasnya dalam konferensi pers di gedung Kemendikbud, tadi malam.

Koordinator Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Prof Tri Yogi Yuwono memaparkan prosedur pendaftaran SNMPTN 2012. Yakni, calon peserta membayar uang pendaftaran ke Bank Mandiri. Setelah itu, calon peserta mendapat "Personal Identification Number" (PIN) dan Kode Akses Pendaftaran (KAP). Keduanya digunakan untuk mendaftar ke website SNMPTN.

"Kenapa sekarang menggunakan sistem pendaftaran seperti ini? Karena pengalaman tahun lalu, terjadi banyak kesalahan dalam pengisian data calon peserta SNMPTN. Ya, kan tidak semua customer service bank itu tahu semuanya, soal jurusan dan sebagainya," ujarnya.

Soal jumlah kuota, Akhmaloka menuturkan, terdapat peningkatan dibanding tahun lalu. Alasannya, ada beberapa universitas yang menambah jumlah prodi dan dibangunnya satu universitas baru. "Tahun lalu jumlahnya 118.233.000, tahun ini sekitar 120 ribu kuotanya," guru besar ITS itu. Dari jalur undangan, lanjut dia, disediakan 58.329.000 kursi.

Sementara itu, kuota bagi peserta beasiswa bidik misi mencapai 30 ribu orang di seluruh Indonesia. Namun, menurut Bendahara Panitia Pusat SNMPTN 2012 Rochmat Wahab, seleksi beasiswa bidik misi tahun ini bakal lebih sulit dibanding tahun lalu. Selain jumlahnya meningkat, para peserta bidik misi tidak lagi dibatasi wilayah. "Kalau dulu kan beasiswa bidik misi itu pesertanya berasal dari daerah sekitar universitas itu sendiri," jelasnya.

Karena itu, sekarang  pihak PTN harus bekerja keras melakukan verifikasi.  Jika sebelumnya PTN bisa langsung melakukan kunjungan ke rumah calon mahasiswa untuk mengecek kebenaran kondisi keuangan keluarga, saat ini, hanya bermodalkan kepercayaan.

Pendaftaran tes tulis akan berlangsung pada 10- 31 Mei. Pelaksanaan ujian tulis dilakukan pada 12-13 Juni, sementara pengumuman kelulusan pada 7 Juli. Untuk jalur undangan, pengumuman kelulusan dilakukan pada 28 Mei. Pendaftaran atau verifikasi jalur undangan pada 12-13 Juni. (ken/nw)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar
      1. 17.04.2013,
        06:08
        asnawisalam
        bagaimana caranya pendaftaran secara online bagi maba jalur beasiswa penghafal al-qur'an di unmer
      2. 27.05.2012,
        02:32
        mistaruddin
        benar,,harus melakukan cek rumah calon pesrta tersebut agar lbih jls

      此页面上的内容需要较新版本的 Adobe Flash Player。

      获取 Adobe Flash Player