Sabtu, 20 Desember 2014 | 17:21:46
Home / Olahraga / Piala Eropa 2012 / Rusia Langsung Diunggulkan Juara Grup

Minggu, 10 Juni 2012 , 15:14:00

Bek Republik Ceko, Theodor Gebre Selassie (kiri) saat berebut bola dengan penyerang Rusia, Andrey Arshavin (kana) pada laga pembuka di Grup A UEFA EURO 2012 Group A, Sabtu (9/6) dini hari WIB. Foto: Getty Images
Bek Republik Ceko, Theodor Gebre Selassie (kiri) saat berebut bola dengan penyerang Rusia, Andrey Arshavin (kana) pada laga pembuka di Grup A UEFA EURO 2012 Group A, Sabtu (9/6) dini hari WIB. Foto: Getty Images
WROCLAW - Rusia langsung menebar kengerian di partai perdana. Lewat kemenangan meyakinkan dengan skor 4-1 (2-0) atas Republik Ceko, Sabtu (9/6) WIB di Stadion Miejski, Wroclaw, anak asuh Dick Advocaat itu mulus mengemas tiga poin pertamanya.
 
Melihat penampilan Beruang Merah, julukan Rusia, tak salah rasanya banyak yang memprediksi tim itu bakal menjadi juara grup A. Dibanding tiga kontestan lain, gaya permainan kolektif dan kecepatan Rusia memang ampuh. Ceko adalah korban pertama Andrei Arshavin dkk.

Seperti diberitakan Eurosport, Alan Dzagoev menjadi mimpi buruk Peter Cech lewat golnya di menit ke-15 dan 79. Dua gol Rusia lainnya diciptakan Roman Shirokov (24") dan Roman Pavlyuchenko (82"). Satu-satunya gol Ceko dicetak Vaclav Pilar (52").
 
Menanggapi hasil spektakuler timnya, Advocaat mengakui sangat gembira dengan hasil itu. Namun pelatih asal Belanda itu tak mau timnya hanya berpuas dengan kemenangan itu.
 
Resep kemenangan Rusia atas Ceko adalah penampilan gemilang trio penyerang Dzagoev-Arshavin-Alexander Kerzhakov. Kredit khusus layak diberikan kepada Arshavin yang dalam laga tersebut menghasilkan dua assist.
 
"Kami bermain dengan cukup tenang dan mampu lepas dari tekanan Ceko di 15 menit awal pertandingan. Harus kami akui ada tekanan begitu besar di laga pembuka. Namun kami puas bisa melaluinya," sebut pelatih asal Belanda.
 
Mengenai penampilan Arshavin, Advocaat memberikan acungan jempol. Nyaris frustrasi di Arsenal musim ini karena akrab dengan bangku cadangan, kembali ke klub lamanya, Zenit St.Petersburg, dengan status pinjaman Januari lalu membuat Arshavin moncer.
 
"Saya menemui bahwa krisis kepercayan diri Arshavin sudah berlalu. Dia mampu memimpin tim ini kembali. Kembalinya Arshavin berdampak positif buat tim ini," ucap pelatih berusia 64 tahun itu.
 
Bagi Ceko, kekalahan telak atas Rusia cukup mengejutkan. Sempat memperpendek margin gol menjadi 1-2 di awal babak kedua, justru Tomas Rosicky dkk kebobolan dua gol lagi.
 
Pelatih Ceko Michal Bilek menyebut kondisi mental timnya labil. "Sebenarnya, kami memulai laga dengan benar. Kami mendominasi pertandingan dan menekan. Namun situasinya berbalik karena Rusia mampu mencetak gol lebih dulu," ucap pelatih berusia 47 tahun itu.
 
Satu hal lagi, Ceko membutuhkan tambahan gelandang kreatif bagi timnya. Permainan monoton karena bergantung kepada playmaker Rosicky menjadi titik lemah Ceko.
 
Di sisi lain, prediksi grup A akan menjadi grup yang tak menarik terbantahkan. Selain kemenangan 4-1 Rusia atas Ceko, Yunani mampu menahan tuan rumah Polandia dengan skor 1-1.
 
Alhasil dalam laga selanjutnya, Ceko akan mati-matian melawan Yunani pada 12 Juni mendatang kalau tak mau angkat koper cepat. Sedang Polandia pantang menuai malu dan mengejar kemenangan atas Rusia 13 Juni mendatang.  (dra/diq)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar
 

        此页面上的内容需要较新版本的 Adobe Flash Player。

        获取 Adobe Flash Player