54 Ribu Calon Mahasiswa, Ujian SPMB-PTAIN

Peminat Jurusan Tarbiyah Masih Mendominasi

54 Ribu Calon Mahasiswa, Ujian SPMB-PTAIN
54 Ribu Calon Mahasiswa, Ujian SPMB-PTAIN
JAKARTA - Secara serentak 54 ribu calon mahasiswa mengikuti Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (SPMB-PTAIN) kemarin (19/6). Pendaftar yang meminati rumpun jurusan Tarbiyah (pendidikan) masih mendominasi.

Pelaksanaan SPMB-PTAIN kemarin digelar di 52 PTAIN yang tersebar di seluruh Indonesia. Seluruh mahasiswa tadi memperebutkan sekitar 52 ribu kuota yang tersebar di 760 program studi (prodi). Pengumuman hasil SPMB-PTAIN ini akan dilaksanakan pada 13 Juli mendatang. Bagi calom mahasiswa yang tidak lulus SPMB-PTAIN ini, masih berpeluang masuk PTAIN melalui ujian mandiri di masing-masing kampus.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kementerian Agama (Kemenag) Nur Syam mengatakan, pelaksanaan SMPB-PTAIN kemarin berlangsung lancar. Sampai sore kemarin, dia belum menerima laporan ada praktek perjokian. "Mungkin tahu kalau akan masuk kampus Islam. Jadi para jokinya takut kualat," ujarnya lantas tertawa.

Nur Syam menuturkan, dirinya tidak mendapatkan rekapitulasi jumlah pendaftar berdasarkan jurusan atau prodi yang diminati. Dia hanya mengatakan, kecenderungan tahun ini masih sama dengan tahun lalu.

JAKARTA - Secara serentak 54 ribu calon mahasiswa mengikuti Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (SPMB-PTAIN) kemarin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News