Senin, 01 September 2014 | 20:41:47
Home / Olahraga / Rotasi Pemain Sukses Bawa Jerman ke Semifinal

Sabtu, 23 Juni 2012 , 18:34:00

BERITA TERKAIT

GDASK-Jerman memantapkan diri melaju ke semifinal Euro 2012 dengan rekor sempurna tanpa pernah kalah sekalipun. Dari empat laga yang dijalani, anak-anak asuh Joachim Low ini sukses mendulang poin penuh. Terakhir mereka memperdaya Tim Bajak Laut, Yunani, dengan skor 4-2, Sabtu (23/6) dini hari.

Salah satu kunci sukses Jerman adalah memiliki pemain cadangan yang kualitasnya tidak jauh dengan skuad inti. Hasilnya rotasi yang diterapkan Der Panzer bisa mengelabui Yunani dalam laga tersebut.

‘’Saya pikir (skuad) kami tidak bisa diprediksikan  melawan Yunani. Karena kira mereka akan siap melawan kami. Ini sangat bagus bisa sedikit nakal seperti itu dari waktu ke waktu,’’ ujar Joachim Low dalam situs resmi UEFA usai pertandingan.

Dalam laga tersebut Low berspekulasi dengan menempatkan pemain pelapis Andre Schurrle dan Marco Reus untuk menopang Mesut Ozil di baris kedua serangan.  Demikian halnya top skor Jerman, Mario Gomez tidak diturunkan di babak pertama tapi diganti pemain veteran Miroslav Klose.

Namun rotasi ini tetap luar biasa. Buktinya Klose dan Reus mencetak masing-masing satu gol. Sementara Ozil bebas berkeliaran menyumbang dua assist dan terpilih sebagai man of the match dalam laga itu.

‘’Kami tidak memperkirakan begitu banyak pergantian di line-up Jerman. Pelatih mereka ingin merotasi untuk penyegaran, bagi saya itu adalah perubahan yang tepat  dalam posisinya,’’ ujar pelatih Yunani, Fernando Santos dalam situs yang sama.

Karena itu Santos menyebut, kekurangan timnya ini akan menjadi bahan koreksi untuk mempersiapkan diri dalam laga kualifikasi Piala Dunia mendatang.

Sementara itu meski merasa puas dengan pencapaian timnya Joachim Low tidak berpuas diri. Pasalnya lawan yang akan dihadapi di semifinal nanti bukan lawan yang ringan.

“Melihat kedepan, saya pikir empat tim di semifinal akan menjadi penantang yang serius untuk mendapatkan gelar juara. Kita tahu dari sekarang laga sebesar ini ditentukan oleh hal-hal  kecil secara detail, dan kami tidak bisa membiarkan kesalahan sekecil apapun,’’ imbuhnya.(zul/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar