Skandal Justru Kuatkan Mental Italia

Skandal Justru Kuatkan Mental Italia
Skandal Justru Kuatkan Mental Italia
TAK banyak yang mengunggulkan Italia sebagai kampiun di Euro 2012. Sederet persoalan yang mendera Gli Azzurri "julukan timnas Italia" sebelum turnamen membuat sejumlah kalangan hanya memandang sebelah mata Gianluigi Buffon dkk. Ya, sebelum turnamen, Italia  diguncang skandal pengaturan skor plus judi (calcioscomesse). Bek kiri Domenico Criscito harus dicoret dari skuad karena menjalani investigasi. Sementara itu, duo Juventus, yakni kiper Gianluigi Buffon dan defender Leonardo Bonucci, tetap berangkat meski disebut terlibat.

 

Rumah bursa semakin tak terkesan dengan performa Italia ketika dalam laga uji coba sebelum turnamen dikalahkan Rusia dengan skor telak 0-3!

 

Kekalahan itu membuat pelatih Cesare Prandelli menjadi sasaran hujatan. Namun, mantan pelatih Fiorentina tersebut menanggapi rentetan hujatan dengan kepala dingin. "Justru kekalahan dan skandal yang mengiringi perjalanan kami di turnamen ini yang membuat mental pemain menjadi kuat," ujar Prandelli kala itu seperti dikutip Football Italia.  "Status bukan unggulan utama juga menguntungkan kami. Italia bisa tampil lebih rileks," lanjutnya.

 

Prandelli membuktikan ucapannya. Saat menghadapi Spanyol di laga pertama penyisihan grup, banyak yang memprediksi Azzurri bakal tumbang. Faktanya, Italia mampu menahan juara bertahan 1-1. Bahkan, saat itu Italia mampu mencetak gol lebih dahulu lewat aksi Antonio di Natale. Kekuatan mental Italia kembali diuji ketika menghadapi Inggris di fase perempat final. Italia mampu menaklukkan Inggris lewat drama adu penalti yang menegangkan.

TAK banyak yang mengunggulkan Italia sebagai kampiun di Euro 2012. Sederet persoalan yang mendera Gli Azzurri "julukan timnas Italia" sebelum

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News