Rp 20 Miliar untuk Ubah ISI Jadi ISBI

Diimpikan Bisa Sejahterakan Seniman dan Budayawan

Rp 20 Miliar untuk Ubah ISI Jadi ISBI
Rp 20 Miliar untuk Ubah ISI Jadi ISBI
MATARAM - Penggabungan bidang kebudayaan dan pendidikan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), bakal menjadi awal perubahan Institut Seni Indonesia (ISI) menjadi Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI). Untuk perubahan empat ISI menjadi ISBI dan pembentukan empat ISBI, tahun ini pemerintah menggelontorkan duit Rp 20 miliar.

        

Rencana pemerintah ini disampaikan oleh Rektor ISI Denpasar Prof I Wayan Ray di Mataram, Senin (2/7). Ray menjelaskan, empat ISI yang bakal dirubah menjadi ISBI adalah ISI Denpasar, ISI Jogjakarta, ISI Solo, dan ISI Padang Panjang, Sumatera Barat. "Tahun ini anggaran yang dikucurkan Kemendikbud Rp 5 miliar per kampus. Karena masih awalan," tuturnya.

        

Ray menuturkan, keempat ISI tidak hanya sibuk diinternal kampus untuk mempersiapkan perubahan status menjadi ISBI. Lebih dari itu, keempat ISI tadi juga mengemban tugas merintis pendirian empat ISBI di empat lokasi berbeda.

Untuk ISI Denpasar bertanggung jawab membidani kelahiran ISBI di Jayapura. Saat ini, upaya pendirian masih sebatas pembuatan kurikulum dan naskah akademik. "Selain itu kami juga terus koordinasi dengan pemda setempat untuk mencari tanah," tutur Rai.

        

MATARAM - Penggabungan bidang kebudayaan dan pendidikan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), bakal menjadi awal perubahan Institut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News