Minggu, 01 Maret 2015 | 19:33:43

Jumat, 06 Juli 2012 , 20:03:00

JAKARTA—Ketua Panitia Pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012, Akhmaloka, mengungkapkan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mulai tahun 2013 mendatang memutuskan untuk menambah kuota jalur undangan SNMPTN.

Kebijakan ini merupakan hasil keputusan bersama antara pemerintah dengan para rektor dalam menghadapi tingginya jumlah siswa yang berminat masuk jalur undangan.

“Kemdikbud telah memutuskan bahwa dalam pelaksanaan SNMPTN tahun depan,akan menambah kuota jalur undangan,” ungkap Akhmaloka di dalam konferensi pers di Gedung Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemdikbud, Jakarta, Jumat (6/7).

Akhmaloka menjelaskan, rencana penambahan kuuota jalur undangan tersebut juga disebabkan karena saat ini jalur undangan masih dibatasi sesuai dengan tingkat akreditasi sekolah. Yakni, sekolah terakreditasi A kuotanya mencapai 50 persen, akreditasi B 30 persen dan C 15 persen. Sedangkan untuk sekolah yang tidak terakreditasi hanya 5 persen.

“Dari kondisi itu pula yang akhirnya disepakati akan ada penambahan kuota. Diharapkan, ke depannya semakin banyak siswa berprestasi yang dapat mengambil jurusan favorit dan juga seluruh kuota jalur undangan dapat terisi,” imbuhnya.

Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) ini juga menyebutkan, jurusan favorit di dalam pelaksanaan SNMPTN 2012 ini masih didominasi di Kedokteran, Akuntansi dan Teknik Informatika dan Komputer.

Di tempat yang sama, Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) Triyogi Yuwono menyatakan, provinsi dengan nilai rata-rata SNMPTN tertinggi dari jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) antara lain DKI Jakarta yang kemudian disusul DI Yogyakarta, Banten, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Barat, Lampung, Sumatera Utara dan Kepulauan Riau.

 Sementara untuk jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) diraih DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten, Lampung, Sumatera Barat, Jawa Timur, Sumatera Utara, dan Sumatera Selatan. (cha/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar
 
        1. 30.01.2013,
          00:52
          Lurinse Mariana Saragih
          kenapa jalur undangan yg diperkuat,,,saya kurang setuju,krn akan terjadi pencucian raport,,,,,
          bukan meningkatkan tp akan trjadi awal penipuan.
        2. 09.01.2013,
          13:17
          ilham aidil permana butar butar
          kenapa ya skolah kami selalu tidak mendapatkan jalur undangan ke pulau jawa. Dari segi kualitas dan kuantitas skolah kami RSBI.
        3. 09.01.2013,
          13:17
          ilham aidil permana butar butar
          kenapa ya skolah kami selalu tidak mendapatkan jalur undangan ke pulau jawa. Dari segi kualitas dan kuantitas skolah kami RSBI.
        4. 04.01.2013,
          21:02
          Muhamad mulyana malik
          Apapun keputusan yang telah dibuat saya setuju, toh itu hasil kesepakatan semua rektor dan pemerinta.

          Semoga semua sekolah (SLTA) di Indonesia tdk. Memanipulasi data rapor, shingga terwujudlah kerja sama dan kualitas pendidikan yang menjanjikan. Nilai boleh besar, tapi apakah kemampuan juga imbang dgn nilai? Yg tdk imbang mungkin nanti akn terlihat ketika stelah masuk PTN nya, konsisten kah?

          Yg jelas saya mohon doa nya dari semua smoga saya lolos snmptn/sbmptn 2013. Amin..... From mobile

        此页面上的内容需要较新版本的 Adobe Flash Player。

        获取 Adobe Flash Player