Rabu, 23 Juli 2014 | 08:40:58
Home / Berita Daerah / Kep. Riau / Didominasi WN Singapura, Batam Dikunjungi 583 Ribu Wisman

Sabtu, 07 Juli 2012 , 10:34:00

BERITA TERKAIT

BATAM KOTA - Jumlah wisatawan manca negara yang berkunjung ke Batam dalam setengah tahun terakhir mengalami  peningkatan dibandingkan dengan jumlah wisman setengan tahun pertama 2011 lalu. Setengah tahun pertama 2011 lalu Wisman hanya sekitar 524 ribu wisman, sedangkan enam bulan terakhir jumlah itu meningkat ke 583 ribu wisman.

Enam bulan terakhir jumlah pengunjung wisata dari luar negeri ke Batam masih di dominasi Wisman asal singapura. Dipekirakan lebih dari 50 persen Wisman yang datang ke Batam berasal dari Singapura. Wisman terbanyak kedua berasal dari Malaysia dan disusul dengan wisman asal Korea Selatan.

Rudi Panjaitan,Kabid Sarana dan Objek Wisata Dinas pariwisata Kota Batam, Kamis (5/7) mengatakan peningkatan jumlah kunjungan wisata ke Batam ini membbuktikan bahwa bahwa Batam masih diminati dan masih menjadi pilihan bagi WNA khususnya negara tetangga untuk berlibur.

"Negara tetangga masih percaya Batam sebagai tujuan wisata. Ini membuktikan mereka merasa nyaman untuk berkunjung ke Batam. Sebagian besar turis yang datang ke Batam itu berasal dari Singapura ddan Malaysia,"katanya.

Rudi Panjaitan optimis jumlah WNA tersebut akan terus menigkat mengingat Kota Batam terus berbenah dan meningkatkan kualitas objek wisata. Saat ini menurut Rudi, berbagai obyek wisata sudah mulai dilirik para  wisatawan asing seperti Pulau Abang. Selain itu, Pulau Lengkana jugas akan dikembangkan menjadi pusat outbond internasional.

Kunjungan wisatwan ke Provinsi Kepri sebagian besar masuk melalui pintu Batam yakni pelabuhan internasional Batam Centre, HarbourBay, Sekupang, Marina, Nongsapura dan juga melalui Bandara Hang Nadim.

"Saat ini Batam itu terkenal bukan hanya sebagai kota Industri tetapi juga kota Wisata. Batam memiliki objek wisata bidang bahari yang cukup menjanjikan, selain itu budaya di Batam juga sangat mendukung. Tahun ini kami perkirakan jumlah WNA yang ke Batam akan lebih dari 1,2juta wisman.

"Tahun ini kami pastikan jumlah wisman ke Batam akan lebih dari 1,2 juta. Ini melihat perkembangan dalam enam bulan terakhir.. Terlebih bulan Desember jumlahh wisman dari negara tetangga sangat  banyak,"katanya.

Rudi juga menyinggung suksesnya berbagai event internasional yang digelar di Batam seperti ASEN Jazz Festival baru-baru ini. Meski hanya berlangsung dua hari tetappi acara tersebut mampu menghadirkan wisman hingga 3ribu orang. (cr15)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar