PKS: Hentikan Kebohongan Lembaga Survei Partisan

PKS: Hentikan Kebohongan Lembaga Survei Partisan
PKS: Hentikan Kebohongan Lembaga Survei Partisan
JAKARTA - Wakil Ketua Fraksi PKS di DPR, Almuzzammil Yusuf mengatakan kampus harus mampu menggantikan peran lembaga survei partisan. Desakan ini disampaikan Almuzzammil Yusuf  sebagai respon atas hasil survei Pilkada DKI yang bertujuan untuk mengarahkan opini masyarakat oleh sejumlah lembaga untuk mendukung kandidat tertentu. Menurut Almuzzammil Yusuf, para pelaku survei partisan itu lebih banyak orientasi bisnis ketimbang menjaga idealisme keilmuan survei. 

“Pilkada DKI ini telah membuktikan kepada kita, bahwa beberapa lembaga survei ternama diduga melakukan manipulasi hasil survei untuk menggiring opini publik agar mendukung kandidat tertentu. Karena itu, PKS mendesak agar kampus bisa menggantikan peran lembaga survei partisan,” kata Almuzzammil Yusuf, di gedung DPR, senayan Jakarta, Selasa (14/7).

Seharusnya lembaga survei memotret realitas sosial yang sebenarnya, bukan memanipulasi hasil survei untuk kepentingan kandidat tertentu. Hal ini terjadi, ujar MUzzammil, karena orientasi bisnis lembaga survei lebih kuat dibandingkan orientasi keilmuan yang mensyaratkan kejujuran dan menjaga kredibilitas keilmuan.

“Dalam kaidah keilmuan jika ada kesalahan bisa ditolerir. Tapi jika tidak jujur, memanipulasi hasil survei untuk menggiring opini publik, ini merupakan kebohongan publik yang harus dihentikan,” tegasnya.

JAKARTA - Wakil Ketua Fraksi PKS di DPR, Almuzzammil Yusuf mengatakan kampus harus mampu menggantikan peran lembaga survei partisan. Desakan ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News