Kamis, 24 April 2014 | 00:01:08

Content on this page requires a newer version of Adobe Flash Player.

Get Adobe Flash player

Home / Pendidikan / Ada yang Untung, Guru Terus Buntung

Rabu, 01 Agustus 2012 , 17:21:00

Mendikbud M Nuh saat sidak pelaksanaan UKG di hari pertama di Jakarta. Foto: Arundono/JPNN
Mendikbud M Nuh saat sidak pelaksanaan UKG di hari pertama di Jakarta. Foto: Arundono/JPNN
BERITA TERKAIT

JAKARTA--Uji Kompetensi Guru (UKG) yang digelar setiap hari sejak 30 Juli hingga 12 Agustus 2012 dirasakan para guru malah merugikan para peserta didiknya. Pasalnya, para guru yang mengikuti UKG harus meninggalkan sekolah.

Sekretaris Jenderal Federasi Guru Seluruh Indonesia (Sekjen FGSI) Retno Listyarti mengatakan, untuk guru yang berada di kota besar mungkin bisa lebih mudah menuju lokasi UKG yang dapat ditempuh dalam waktu satu jam. Akan tetapi, guru yang berada di daerah dan kampung-kampung harus ke pusat kabupaten/kota, mesti menginap 2 - 3 hari dan mengeluarkan biaya transport yang cukup mahal dengan biaya pribadi.

"Inilah yang merugikan para guru dan peserta didik. Ada pihak lain yang kebagian untung, tapi guru terus buntung," ungkap Retno di Jakarta, Rabu (1/8).

Dikatakan, pelaksanaan UKG dengan sistem online ini telah merugikan banyak pihak. Dari sisi guru, lanjut Retno, secara pribadi telah mempengaruhi psikologis dan ekonomi.

Selain itu, banyak siswa yang tidak bisa belajar di sekolah karena sekolah terpaksa meliburkan siswanya mengingat banyaknya guru yang harus mengikuti UKG.

"Sebut saja SMAN 70 Jakarta, SMAN 55 Jakarta, SMAN 6 Garus, beberapa SMP di Tangerang, dan lainnya," seru Retno.

Maka itu, terang Retno, kerugian guru dan siswa makin menumpuk jika UKG harus diulang karena gagalnya koneksi internet. "Untuk guru yang dijadwal ulang dan sekolahnya diliburkan, maka akan terjadi kerugian dua kali. Itulah, UKG online dilaksankan terlalu terburu-buru, tanpa perencanaan yang matang dan tak mau mendengar masukan pihak lain. Akhirnya seperti ini," tuturnya. (Cha/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar
      1. 03.08.2012,
        07:14
        ariyun
        ya itlah pola2 yg ingin dilakkn pmrth, yg terkesan amburdul, tmp persiapan yg matang, ada ide lgsg dproyek, ujg2x dana keluar bisa thr dong....!!! siapa yg utng? From mobile
      2. 03.08.2012,
        07:01
        ariyun
        bapk/ibu guru tdk takut ukg, tapi kwatir ukg ini adalh proyek yang sangat menguntungkn bg sebagian org, shg guru djdkn objek percobaan, gmna dgn instansi/lbg non guru ternyt tdk ada yg namay uji komptsi! memang ngri ini sdh penh dgn kerusakan From mobile
      3. 02.08.2012,
        23:28
        Abah
        Buat Mas Totok, Sadar to, Mas!
        Segitu dendamnya pada kami.
        Mohon maaf bila mas korban Bulying rekan kami.
        Tak semua guru seperti itu Mas!!
      4. 02.08.2012,
        23:11
        KATAKAN SEJUJURNYA
        SUMPAH POCONG AYO??PARA GURU YG MENOLAK UJI KOMPETENSI KUATIR TUNJANGAN SERTIFIKASINYA TERANCAM DICABUT KARNA TAK MAMPU LULUS UKG. BODOH!!!
      5. 02.08.2012,
        22:54
        Ida
        SAYA KOK LUPA..SIAPA YG NGAJARI SAYA HINGGA SAYA BISA BACA TULIS DAN BSA HIDUP CUKUP KAYA SKR..?? MUNGKIN YG NGATAKAN GURU BODOH TAHU..??
      6. 02.08.2012,
        22:50
        GURU BODOH PASTI TAKUT DI UJI
        JADI GURU HARUS ORANG PINTAR DAN PILIHAN. KALAU CUMA SEKEDAR DI UJI KOMPETENSI KENAPA TAKUT, KUATIR UANG SERTIFIKASI DICABUT YA? GURU BODOH!!!
      7. 02.08.2012,
        22:17
        tritihkulonlima
        yaa..kita sebagai guru profesional mbok yo manut..ga mungkin pemerintah akan mengajak hal yang tidak bermanfaat...ukg...maju teruuusss...
      8. 02.08.2012,
        12:20
        Ooon
        UKG fungsinya kan semacam Pre-Test yang seperti biasa bapak ibu guru lakukan ke murid2, dengan Pre-Test kita jdi tahu mana murid yang paham/belum
      9. 02.08.2012,
        11:27
        totok
        SADARLAH PARA GURU BAHWA ILMUMU ITU SEBENARNYA BELUM MAMPU UNTUK MENGAJAR YANG DITUNTUT HANYA HAK SAJA ( GAJI THOK )SUDAH BANYAK LIBURNYA BANYAK NGUTANG KE BANK SEHINGGA SEMANGAT MENGAJAR KURANG BERGAIRAH JADI OTAKNYA TUMPUL YG DIPIKIRI HANYA HAK SAJA KEWAJIBANNYA LUPA CONTOHNYA BANYAK SISWA YG TDK LULUS UAN YANG DITUNTUK HANYA GAJI SAJA INGAT KEWAJIBAN GURU ITU BERAT MASKA MUTU GURU KALAH SAMA GURU JAMAN DULU TIDAK BISA TIDUR KALAU MURIDNYA BELUM PINTAR SEKARANG MALAH KEBALIKANNYA INGAT TANGGUNG JAWAB DUNIA AKHIRAT GURU DIBAYAR PAKAI UANG RAKYAT JANGAN SEPELEKAN MURID JANGAN GAJ GAJI GAJI DAN GAJI MOHON MAAF KALAU KURANG BERKENAN TKS
      10. 02.08.2012,
        10:55
        agung
        mengapa dikasih UKG segala ? kalo memang mau ngasih tunjangan keguru ya kasih aja berdasar tingkatnya per bulan kan enak...memang d indonesia kakean polah kabeh pengen uang trebesan .

      此页面上的内容需要较新版本的 Adobe Flash Player。

      获取 Adobe Flash Player