Pemerintah Harus Konsisten Programkan Hemat BBM

Pemerintah Harus Konsisten Programkan Hemat BBM
Pemerintah Harus Konsisten Programkan Hemat BBM
JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat mendorong pemerintah untuk secara konsisten melaksanakan kebijakan penghematan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi yang cenderung terus meningkat. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat RI, Marzuki Alie di Jakarta, Kamis (16/8).

 

"Dengan tingkat pertumbuhan konsumsi BBM sebesar 9 persen, konsumsi BBM akan dapat mencapai 48 juta kiloliter pada 2013,"kata Marzuki.

Situasi ini, tutur Marzuki dapat membawa implikasi akan semakin terbebaninya subsidi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk BBM.Ia memberi contoh kenaikan konsumsi BBM yang signifikan telah terlihat pada semester pertama APBN 2012 yang sedang berjalan saat ini.

"BPH Migas Pertamina melansir dalam semester tahun pertama BBM bersubsidi seperti premium dan solar melebihi ambang batas kuota, yaitu 21,7 juta kiloliter atau setara 109,4 persen dari kuota yang ditetapkan. BPH Migas juga mencatat bahwa hampir semua provinsi mengalami over-kuota," paparnya.

 

JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat mendorong pemerintah untuk secara konsisten melaksanakan kebijakan penghematan konsumsi bahan bakar minyak (BBM)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News