KRI Dewaruci dalam Perjalanan Pulang dari Ekspedisi Keliling Dunia

Artis Jodie Foster Pernah Main Film di Geladak Atas

KRI Dewaruci dalam Perjalanan Pulang dari Ekspedisi Keliling Dunia
CATAT SEJARAH: Bintang Hollywood Jodie Foster saat proses syuting film "Anna and The King" di atas KRI Dewaruci. Jodie berpose bersama Komandan KRI Dewaruci Letkol Laut (P) Darwanto (kanan).
Perjalanan KRI Dewaruci dari Belawan, Medan, ke Jakarta melewati Penang, Malaysia. Di kota pelabuhan itu, Dewaruci pernah mencatat sejarah, yakni menjadi lokasi syuting film Hollywood. Inilah laporan wartawan Jawa Pos SURYO EKO PRASETYO yang mengikuti ekspedisi keliling dunia tersebut.

= = = = = = = =

= = = = = = = = 

MALAM  itu (6/10) cuaca di sekitar KRI Dewaruci yang sedang melintasi Selat Malaka tampak begitu cerah. Efek gelombang laut yang mengenai lambung kapal tidak terlalu berasa. Angin sepoi-sepoi yang bertiup di geladak atas terasa menyejukkan. Kelap-kelip jutaan bintang menghiasi langit cakrawala.

Suasana itu berbeda dari dua hari sebelumnya. Hujan deras mengguyur laut yang dilalui Dewaruci sepanjang siang hingga menjelang magrib setelah kapal tiang tinggi tersebut meninggalkan dermaga Pangkalan Utama TNI-AL (Lantamal) I Belawan. Tebalnya kabut pada pagi dan malam membuat jarak pandang menjadi terbatas. Selat itu termasuk alur pelayaran terpadat untuk jalur keluar-masuk wilayah Indonesia. Kapal besar yang melewati selat tersebut direkomendasikan untuk lebih mendekati perairan Malaysia.

Perjalanan KRI Dewaruci dari Belawan, Medan, ke Jakarta melewati Penang, Malaysia. Di kota pelabuhan itu, Dewaruci pernah mencatat sejarah, yakni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News