Capres Alternatif Harus Diberi Peluang

Capres Alternatif Harus Diberi Peluang
Capres Alternatif Harus Diberi Peluang
JAKARTA -- Anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa di MPR, Lukman Edy, mengatakan, semua pihak harus memberikan peluang kepada masyarakat untuk bisa memilih calon presiden lebih banyak lagi.

Karenanya, ia menyatakan calon presiden alternatif untuk 2014 nanti harus diberi ruang. "Jangan hanya satu dua orang (capres) yang hasil survei bagus. Perlu dorongan semua pihak memberikan ruang supaya ada capres alternatif harus didukung," kata Lukman saat dialog pilar negara bertajuk "Capres Alternatif ; Antara Wacana dan Peluang", di gedung parlemen, di Jakarta, Senin (19/11).

Lukman menawarkan ada tiga jalan untuk bisa memunculkan capres alternatif tersebut. Antara lain, kata dia, membuka peluang capres dari jalur independen. Namun, tegasnya, ini jalan buntu. Sebab, pasal 6 UUD 45, tidak memberikan ruang bagi calon independen. Hanya parpol atau gabungan parpol yang bisa mengusung calon.

"Kalau kemudian cara sprti ini dipaksakan, maka harus amandemen UUD. Namun, soal ini tidak direspon parpol. Kalau pun ada agenda amandemen tahun depan yang diinisiasi DPR, soal calon independen tidak direspon," kata Lukman.

JAKARTA -- Anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa di MPR, Lukman Edy, mengatakan, semua pihak harus memberikan peluang kepada masyarakat untuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News