Krisis Sandera Persingkat Kunjungan PM Jepang di Jakarta

Makan Malam Bersama SBY Dibatalkan

Krisis Sandera Persingkat Kunjungan PM Jepang di Jakarta
Krisis Sandera Persingkat Kunjungan PM Jepang di Jakarta
JAKARTA - Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe terpaksa mempersingkat kunjungannya ke Indonesia karena harus kembali ke negaranya guna mengurus nasib lima warga negara Jepang yang disandera kelompok militan di Aljazair. Sebelumnya PM Abe bersama istrinya Akie Abe dan delegasi Jepang lainnya dijadwalkan berada di Indonesia pada tanggal 18-19 Januari 2013.

Bahkan malam ini mereka direncanakan mengikuti jamuan makan malam bersama Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Ani Yudhoyono. Namun Abe membatalkan semua rencana malam ini dan besok demi lima warga negara Jepang yang tersandera.

"State dinner tidak jadi. Tadi pagi sudah memberitahu, disarankan karena beliau harus segera kembali untuk menangani masalah penyanderaan warga Jepang di Aljazair. Jadi Bapak Presiden SBY sangat memahami permasalahan keperluan tersebut," ujar Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Jumat (18/1).

Sebelumnya PM Abe juga mengungkapkan kemarahannya terhadap tindakan teror kelompok militan yang menyerang sebuah kilang produksi gas bumi di selatan Aljazair, Rabu (16/1/). Lima warga Jepang memang bekerja di kilang milik British Petroleum itu. Abe pun telah bersepakat dengan Presiden SBY untuk memerangi terorisme bersama-sama.

JAKARTA - Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe terpaksa mempersingkat kunjungannya ke Indonesia karena harus kembali ke negaranya guna mengurus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News