DKPP Copot Tiga Komisioner KPU Kota Gorontalo

DKPP Copot Tiga Komisioner KPU Kota Gorontalo
DKPP Copot Tiga Komisioner KPU Kota Gorontalo
JAKARTA--Tiga komisioner KPU Kota Gorontalo yakni Rizan Adam, Hadi Sutrisno Daud, dan Djarnawi Datau, harus segera meninggalkan kursinya di lembaga penyelenggara pemilu itu.

Ini setelah Majelis Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) putusannya yang dibacakan Ketua Majelis Jimly Assidiqi dalam sidang DKPP di Jakarta, Kamis (7/3), menyatakan ketiganya melanggar kode etik.

"Berdasarkan penilaian atas fakta dalam persidangan, DKPP menyimpulkan ketua dan dua anggota KPU telah terbukti tidak profesional, tidak netral, dan tidak berpegang pada hukum serta telah memihak pada salah satu bakal calon karena meloloskan bakal calon yang tidak memenuhi syarat pencalonan," kata Jimly.

Menurut DKPP, bakal calon walikota Gorontalo, Adhan Dambea, tidak memenuhi syarat karena surat keterangan pengganti ijazah (SKPI) tidak sesuai ketentuan Peraturan KPU No 9 Tahun 2012. Namun, oleh ketua dan dua anggota KPU justru bersikukuh menetapkan Adhan Dambea lolos sebagai salah satu peserta Pilkada walikota dan wakil walikota 2013.

JAKARTA--Tiga komisioner KPU Kota Gorontalo yakni Rizan Adam, Hadi Sutrisno Daud, dan Djarnawi Datau, harus segera meninggalkan kursinya di lembaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News