Senin, 28 Juli 2014 | 11:15:04
Home / Pendidikan / Pengolah Data Guru Harus Mendapat Honor

Sabtu, 09 Maret 2013 , 22:11:00

BERITA TERKAIT

JAKARTA - Federasi Guru Independen Indonesia (FGII) meminta pemerintah memberikan uang insentif bagi tenaga pengelola dan validasi data guru yang akan menerima Tunjangan Profesi Pendidik (TPP).

"Pemerintah dan pemerintah daerah diminta segera menganggarkan biaya oprasional pengelola dan validasi tunjangan profesi guru," kata Sekjen FGII, Iwan Hermawan kepada JPNN, Sabtu (9/3) petang.

Dia menyebutkan, berdasarkan temuan Ombudsman RI, keterlambatan penyaluran TPP guru disebabkan lambatnya penyerahan validasi data dari daerah ke Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

"Hasil investigasi ombudsman ditemukan bahwa para petugas pengelola dan validasi TPP guru tidak diberi insentif khusus karena tidak ada anggaran biaya oprasional," ujar Iwan.

Padahal, lanjut Iwana, kebanyakan pegawai/honorer yang mengelola serta melakukan validasi data TPP ada yang sampai sampai kerja 24 jam. Hal itu disebabkan pengelola dikejar waktu dan harus segera mengirim data guru ke pusat.

"Mungkin karena faktor inilah yang menyebabkan tidak utuhnya pembayaran tunjungan profesi guru, karena kelambatan proses pengelolaan dan validasi data dari daerah ke pusat juga lama," jelasnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Ombudsman RI, Azlaini Agus mengungkapkan, investigasi yang mereka lakukan menemukan pengelolaan dan validasi data guru penerima TPP di daerah, bukan menjadi pekerjaan wajib pegawai dinas pendidikan.

"Temuan kita di daerah, pengelolaan data TPP ini mereka lakukan setelah jam kerja. Banyak yang sampai tengah malam. Itu karena pengelolaan TPP memang bukan tugas pokok pegawai di daerah," jelasnya. (fat/jpnn)


Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar
      1. 13.05.2014,
        10:28
        Winarna
        Pegawai pusat yang nggak punya telinga untuk mendegarkan masukan dari bawah. Kalau sdh tahu permasalahannya kenapa tdk bisa menanggulangi? Usul saya OPS kasih honor langsung dari pusat lewat tranfer ke rek OPS, jangan dari daerah karena pasti ujungnya bermasalah lagi. Data PTK penerima TPP dikirim langsung oleh sekolah karena sekolah yang tahu persis, bukan Diknas yg mengusulkan, selama ini di Diknas ini yang bermasalah. OPS kasih SK dari pusat. Insya Allah beres semua. Gitu aja kog repot! From mobile
      2. 20.02.2014,
        21:46
        Marihot Parlindungan Marbun
        Memang, harusnya operator itu diberi perhatian khusus, guru harusnya konsentrasi utk kreatif dan inovatif mengajar, data2 serahkan pd OPSnya saja
      3. 23.12.2013,
        19:59
        fat
        opegarator sekolah yg kerja DAPODIK harus mendapat perhatian yg serius. Tugas yg berat hrus dapt insentif sesuai UMR. Apalagi nguras tenaga
      4. 17.12.2013,
        10:00
        Suyatno
        Assalamulaikum,ada operator yang di maki2 apabila ada yg blm SK, ada juga sudah SK tapi belum cair operator yang kena, padahal itu kan system
      5. 05.11.2013,
        22:24
        aat jatnika
        semoga semua pihak dapat membantu terhadap operator sekolah, selama ini hanya dipakai sebagai bas stip untuk mendata PTK.
      6. 28.10.2013,
        23:14
        safiruddin
        betul dan sangat tepat usulannya,,, tolonglah perhatikan kami sbg operator sekolah, kami bekerja ekstra ampuh , demi validnya data dapodik.
      7. 26.09.2013,
        14:48
        unayah
        ya betul banget, saya operator sekolah ga pernah dapat uang lembur yang semestinya saya terima, semua hanya cukup dengan kata terima kasih..
      8. 10.08.2013,
        21:58
        liza
        betul banget..... apalagi sekolah tempat saya kerja gak ada sinyal,gak ada listrik ditambah saya juga merangkap sebagai guru kelas,
      9. 22.07.2013,
        13:21
        Bariyono
        Iya betul...tolong hargai kami sebagai OPS, berikan kami insentif sebagai pengganti waktu,pikiran dan tenaga kami untuk kelancaran validasi data.
      10. 26.06.2013,
        01:19
        An
        Betul,,,,,,operator harus di beri insentif brp pun nilainya,,,,krn kerja tdk mengenal wktu,,,,siang mlm sekolah maupun libur,,,,tdk pernah mengisi wktu libur d keluarga,,,hanya utk org byk.npa hrs jdi operator,,,?pusingggggggg From mobile