Integritas Layanan Publik Rendah, Kada Diminta Kerja Keras

Integritas Layanan Publik Rendah, Kada Diminta Kerja Keras
Integritas Layanan Publik Rendah, Kada Diminta Kerja Keras
JAKARTA - Rendahnya integritas layanan publik di daerah, menyita perhatian pemerintah pusat. Terlebih skornya beberapa tahun terakhir cenderung menurun. Ini jauh berbeda dengan instansi pusat yang bertambah tahun ada sedikit peningkatan.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Abubakar membeberkan, skor integritas pelayanan publik bagi pemerintah pusat mengalami peningkatan dari 6,64 persen pada 2009 menjadi 6,86 persen di tahun 2012. Sedangkan integritas pelayanan publik daerah yang skornya ditargetkan delapan persen, ada kecenderungan menurun, dari 6,46 pada 2009 menjadi 6,32 di tahun 2012.

"Tahun 2014 kita targetkan 80 persen. Itu sebabnya kita perlu kerja keras untuk mendongkrak integritas pelayanan publik daerah,” ujar Azwar dalam keterangan persnya, Selasa (12/3).

Kendati layanan publik daerah menurun, namun Azwar mengaku gembira melihat peningkatan akuntabilitas instansi pemerintah. Untuk kementerian/lembaga (K/L), sudah mencapai 95,06 persen pada 2012,  dari target 100 persen pada 2014. Untuk akuntabilitas pemerintah provinsi, sudah tercapai 75,76 persen dari target 80 persen pada 2014.

JAKARTA - Rendahnya integritas layanan publik di daerah, menyita perhatian pemerintah pusat. Terlebih skornya beberapa tahun terakhir cenderung menurun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News