Kamis, 02 Oktober 2014 | 05:22:52
Home / Politik / Pemilihan Umum / PAN Juga Ajukan Tokoh Kristen jadi Caleg

Senin, 22 April 2013 , 17:56:00

BERITA TERKAIT

JAKARTA – Partai Amanat Nasional (PAN) menyerahkan daftar nama-nama Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) di hari terakhir batas waktu yang ditentukan, Selasa (22/4).

Langkah tersebut menurut Ketua DPP PAN, Bara Hasibuan, terpaksa dilakukan. Alasannya, PAN ingin mendapatkan bacaleg yang benar-benar berkualiatas sehingg perlu waktu proses seleksi.

Menurutnya, untuk Pemilu 2014, PAN menyerahkan 560 nama Bacaleg untuk DPR RI. Nama-nama tersebut diyakini  memiliki peluang yang kuat untuk maju di 77 dapil yang ada. Bara mengaku PAN siap menghapi Pemilu 2014 mendatang.

“Dalam susunan daftar Bacaleg yang kita ajukan, menunjukkan komitmen PAN sebagai partai terbuka. Contohnya di daerah yang berbasis umat Kristiani, maka mayoritas Bacaleg yang kita ajukan tokoh-tokoh Kristen,” katanya di Jakarta.

Kesiapan yang sama juga dikemukakan Wakil Ketua Umum PAN, Dradjad H Wibowo. Salah satu strategi dalam Pemilu mendatang, PAN menurutnya menonjolkan caleg perempuan di daerah pemilihan (dapil) potensial. Semisal untuk dapil Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Selain itu dari 560 nama Bacaleg yang diajukan, terdapat 208 atau 37 persen Bacaleg perempuan. “Kuota perempuan kita sepertinya paling banyak, dan kita menempatkan banyak caleg di nomor urut 1,” katanya.

Sementara Ketua DPP PAN lainnya, Bima Arya, memastikan dalam Bacaleg yang diajukan juga sangat terlihat pola regenerisasi.

“Banyak Bacaleg kita itu berusia di bawah 40 tahun ke bawah dan tersebar rata di seluruh provinsi. Contohnya seperti untuk Bali, selain banyak orang muda, untuk pertama kalinya caleg yang kita ajukan didominasi orang Bali. PAN komitmen membawa Indonesia lebih modern,” ujarnya.(gir/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar