Rowhani Rengkuh Raih 50 Persen

Rowhani Rengkuh Raih 50 Persen
Rowhani Rengkuh Raih 50 Persen
TEHERAN - Hasil awal pemilihan presiden Iran memberikan kemenangan besar kepada Hasan Rowhani. Kemarin (15/6) dia unggul dengan perolehan suara lebih dari 50 persen. Jika hasil resmi juga menunjukkan dominasi Rowhani, dia bakal menggantikan Presiden Mahmoud Ahmadinejad tanpa perlu melewati putaran kedua.

""Dari 17 juta suara yang sudah dihitung, Hasan Rowhani menang lebih dari 50 persen,"" terang Kementerian Dalam Negeri Iran dalam keterangan resminya.

Rowhani disusul Wali Kota Teheran Mohammad Bagher Qalibaf yang mendapat dukungan 15,3 persen. Mohsen Rezaei yang menempati posisi ketiga memperoleh dukungan 12,6 persen.

Selisih perolehan suara yang cukup banyak itu membuat tokoh 64 tahun tersebut berpeluang menang telak. Karena itu, Rowhani tidak perlu menjalani pilpres putaran kedua untuk mengukuhkan kemenangan. Sesuai dengan aturan yang berlaku, pilpres bakal berlanjut pada putaran kedua yang dijadwalkan Jumat mendatang jika dukungan terhadap pemenang kurang dari 50 persen.

TEHERAN - Hasil awal pemilihan presiden Iran memberikan kemenangan besar kepada Hasan Rowhani. Kemarin (15/6) dia unggul dengan perolehan suara lebih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News