Sepuluh Orangutan Dilepas di Camp Seluang

Sepuluh Orangutan Dilepas di Camp Seluang
Sepuluh Orangutan Dilepas di Camp Seluang
PANGKALAN BUN - Orangutan memiliki daya pikat luar biasa. Selain mampu menarik wisatawan asing, para pejabat dan artis pun kepincut. Ini terbukti dari acara pelepasliaran sepuluh orangutan di Camp Seluang, Kecamatan Hanau, Kabupaten Seruyan, kemarin (21/6). Acara itu yang dihadiri oleh Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar, artis Peggy Melati Sukma, Olga Lidya, serta para blogger.

Pelepasan sepuluh orangutan kemarin melengkapi pelepasliaran enam ekor orangutan pada 21 November 2011 dan lima ekor pada 11 Desember 2012 lalu. Camp Seluang Mas berada di hutan Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah. Pembangunan camp tersebut untuk mempermudah proses pelepasliaran. Ada tiga lokasi di lahan seluas 40 ribu hektare dan masing-masing terpisah jarak 0,5-1,5 kilometer.

Pada kesempatan ini Zulkifli Hasan menyampaikan apresiasi atas kegiatan konservasi dan perlindungan orangutan melalui program Friends of the Orangutans bersama Orangutan Foundation International (OFI) yang telah berlangsung sejak tahun 2011. Selain melepasliarkan sepuluh individu orangutan kemarin, Menhut juga meresmikan Camp Release Seluang Mas.

"Indonesia memiliki dua spesies orangutan, yaitu orangutan sumatera (Pongo abelli) dengan total populasi sekitar 6.600 individu dan orangutan kalimantan (Pongo pygmaeus) dengan total populasi sekitar 36.000 individu. Orangutan merupakan salah satu jenis primata yang menjadi bagian penting dari keanekaragaman hayati, dan merupakan satu-satunya kera besar yang hidup di Asia. Sementara tiga kerabatnya yaitu gorilla, chimpanze, dan bonobo hidup di Benua Afrika," ungkapnya.

PANGKALAN BUN - Orangutan memiliki daya pikat luar biasa. Selain mampu menarik wisatawan asing, para pejabat dan artis pun kepincut. Ini terbukti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News