Kabel Bawah Laut Telkom Putus

Kabel Bawah Laut Telkom Putus
Kabel Bawah Laut Telkom Putus
JAKARTA--Layanan internet PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) dan Telkomsel, Selasa (25/6) mengalami gangguan. Hal itu akibat dari putusnya kabel fiber optic bawah laut di wilayah Batam, Kepulauan Riau. Beruntung, operator telekomunikasi terbesar itu segera mampu memulihkan layanannya pada pukul 18.00 WIB.

     

Kepala Pusat Informasi dan Humas Departemen Kominfo Gatot S. Dewa Broto mengatakan, akibat putusnya jaringan internet, banyak masyarakat yang melapor ke pemerintah. Pihaknya sudah meminta penjelasan ke operator. "Ada tiga operator yang saya minta penjelasan, Telkomsel, XL dan Indosat. Mereka punya jalur di Batam," ungkapnya. Sayang, belum ada jawaban dari ketiga operator tersebut.

     

Gatot mengakui akses internet Telkomsel bermasalah sejak pagi kemarin. Upaya untuk mengakses sebuah laman diperlukan waktu yang sangat lama, bahkan terkadang gagal. "Biasanya kan cepat, tapi hari ini (kemarin) memang lemot banget. Hampir lima menit untuk buka google," terangnya.

     

Putusnya kabel bawah laut sudah sering terjadi. Penyebabnya bukan saja karena terkena jangkar kapal, ada juga kasus karena kabel dicuri. "Hampir setiap bulan saya menerima laporan dari operator tentang putusnya kabel bawah laut," ungkap Gatot.

     

JAKARTA--Layanan internet PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) dan Telkomsel, Selasa (25/6) mengalami gangguan. Hal itu akibat dari putusnya kabel

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News