Potong Jalur Distribusi Pangan

Potong Jalur Distribusi Pangan
Potong Jalur Distribusi Pangan
JAKARTA - Inflasi tahun ini diperkirakan bisa tembus hingga delapan persen, atau diatas asumsi APBN-P 2013 sebesar 7,2 persen sebagai dampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi pekan lalu. Namun angka itu bisa ditekan kalau jalur distribusi bahan pangan diperlancar.  

"Untuk menekan inflasi jalur distribusi pangan harus dipangkas, jangan terlalu panjang. Di sejumlah daerah, saya melihat prosesnya masih terlalu panjang, dari produsen atau importir hingga ke pasar itu bisa melalui berbagai pihak. Itu yang harus dipotong sehingga harga yang sampai ke masyarakat tidak terlampau tinggi," ujar Sekretaris Komite Ekonomi Nasional (KEN), Aviliani kemarin (25/6).       

Dalam hal ini, Avi menilai peran Pemerintah Daerah (Pemda) sangat penting untuk menjaga kestabilan harga pangan. Dengan mengetahui jalur distribusi bahan pangan, diharapkan Pemda dapat mengambil langkah efektif untuk meng-intervensi pasar.

"Pemda harus mempelajari dan mengetahui distribusi bahan pokok, yang merupakan salah satu komponen penting dalam inflasi," tegasnya.       

JAKARTA - Inflasi tahun ini diperkirakan bisa tembus hingga delapan persen, atau diatas asumsi APBN-P 2013 sebesar 7,2 persen sebagai dampak kenaikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News