Presiden Lantik Panglima TNI dan KSAD

Presiden Lantik Panglima TNI dan KSAD
SALAM KOMANDO: Panglima TNI baru Jenderal Moeldoko (kiri) dan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Letjen Budiman usai dilantik Presiden Yudhoyono di Istana Negara, pada Jumat, (30/8). FOTO: Natalia/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melantik Panglima TNI baru Jenderal Moeldoko dan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD)  Letjen Budiman di Istana Negara, pada Jumat, (30/8). Moeldoko menggantikan Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono yang telah memasuki masa pensiun. Sedangkan, Budiman menggantikan posisi Moeldoko.

Laksamana TNI Agus Suhartono lahir di Blitar, Jawa Timur, 25 Agustus 1955. Ia memasuki masa pensiun pada usia 58 tahun. Agus menjadi Panglima TNI sejak 28 September 2010.

Ia pernah menjabat sebagai Komandan Gugus Tempur Laut Koarmatim dan Asisten Operasi KSAL. Sebelum diangkat menjadi KSAL, ia menjabat sebagai Irjen Departemen Pertahanan. Laksamana Agus diajukan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono sebagai calon tunggal Panglima TNI. Pada 27 September 2010, ia lolos uji kelayakan oleh DPR dan diangkat menjadi Panglima TNI.

Sedangkan Moeldoko, sebelumnya baru menjabat sebagai KSAD pada 20 Mei 2013 lalu. Sidang Paripurna DPR-RI pada tanggal 27 Agustus 2013 menyetujui jenderal asal Kediri tersebut sebagai Panglima TNI baru pengganti Laksamana Agus Suhartono. Ia adalah KSAD terpendek dalam sejarah militer di Indonesia seiring pengangkatan dirinya sebagai Panglima TNI pada hari ini.

Sementara itu penggantinya sebagai KSAD, Letjen Budiman dulunya adalah Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan. Budiman adalah lulusan terbaik Akmil 1978 yang berpengalaman dalam bidang zeni.(flo/jpnn)


JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melantik Panglima TNI baru Jenderal Moeldoko dan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD)  Letjen Budiman


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News