Sabtu, 20 September 2014 | 04:55:38
Home / Nasional / Politik / Diusulkan Dahlan Iskan-Pramono Edhie

Rabu, 04 September 2013 , 10:36:00

PAYAKUMBUH-- Dukungan terhadap Menteri BUMN Dahlan Iskan sebagai calon presiden dari Partai Demokrat semakin menguat. Ketua DPD Partai Demokrat Sumbar Capt H Josrizal Zain menilai, Dahlan Iskan adalah figur capres berbobot.

"Konvensi capres Partai Demokrat adalah konvensi berbobot yang digelar untuk demokrasi, dengan melibatkan rakyat dalam pemilihan dan penetapan pemenang. Dari konvensi berbobot ini, muncul 11 capres berbobot, termasuk Menteri BUMN Dahlan Iskan," kata Josrizal Zain kepada Padang Ekspres (Grup JPNN), Selasa (3/9).

Bagi mantan Wali Kota Payakumbuh dua periode berturut-turut itu, sosok Dahlan Iskan layak dipertimbangkan sebagai Capres 2014, karena sejak menjabat sebagai Dirut PLN sampai dipercaya Presiden SBY menjadi Menteri BUMN, banyak kebijakan pro rakyat yang digagasnya.

"Waktu Pak Dahlan jadi Dirut PLN, pemadaman listrik di Sumbar, dapat diminimalisir. Tidak seperti sekarang, listrik padam 2 sampai 3 kali sehari. Karenanya, kita juga minta Pak Dahlan, menugaskan PLN Sumbar, agar memberi kompensasi atas pemadaman listrik, berupa pemotongan tagihan kepada pelanggan," ucap Josrizal Zain.

Kendati belum menyatakan dukungan secara vulgar, Josrizal melihat Dahlan sebagai menteri pekerja keras. Mesti sering tampil dengan ciri khas sepatu sport dan kemeja putih, tapi Josrizal menilai style tersebut sebagai gambaran pribadi Dahlan yang bersikap merdeka dan berkarakter.

"Beliau inovatif, pembawa perubahan di lingkungan BUMN, serta berani membuat terobosan yang berpihak kepada pertumbuhan ekonomi dan kemandirian bangsa. Dari segi popularitas dan kapabelitas, Pak Dahlan memenuhi syarat jadi capres. Tinggal lagi dari segi elektabilitas," ucap Josrizal.

Lantaran itu, Josrizal yang kini menjadi calon anggota DPR-RI dari Dapil Sumbar II, menyarankan Dahlan Iskan, agar setelah konvensi capres Partai Demokrat dibuka pada September mendatang, semakin rajin blusukan ke daerah-daerah, dengan tetap mempertahankan ciri khas yang spontan atau tidak dibuat-dibuat.

"Pak Dahlan harus tetap dengan ciri khas yang merakyat. Tapi, paling penting, Pak Dahlan harus memperhitungkan capres lain yang berbobot, seperti Jenderal
Pramono Edhie Wibowo,  Marzuki Alie, Irman Gusman, Endriartono Sutarto, Gita Wirjawan, Dino Patti Djalal, Hayono Isman, Ali Maskur Musa, dan Anis Baswedan," kata Josrizal Zain.

Masih terkait dengan bursa Capres 2914, Josrizal melihat, perpaduan sipil-militer atau militer-sipil layak disandingkan. "Akan menarik, bila Pak Dahlan berpasangan dengan Pak Edhie Pramono atau sebaliknya, Pak Edhi Pramono didampingi Pak Dahlan atau Anies Baswedan," ujarnya.

Hal senada disampaikan Ketua DPC Partai Demokrat Limapuluh Kota Darman Sahladi yang dihubungi secara terpisah. Menurutnya, Dahlan Iskan dengan sosok apa adanya, layak disandingkan sebagai calon presiden dari Partai Demokrat, berpasangan dengan Pramono Edhie Wibowo atau Marzukie Ali dan Irman Gusman.

"Bila berdasarkan hasil survey nanti, Pak Dahlan kuat, ada baiknya beliau dipasangkan dengan Jenderal  Pramono Edhie Wibowo. Sebaliknya, bila survey menyebut Jenderal  Pramono Edhie, punya elektabilitas tinggi, Pak Dahlan atau Anies Baswedan, layak jadi wakilnya," ucap Ketua DPRD Limapuluh Kota itu.

Darman Sahladi yang kini menjadi calon anggota DPRD Sumbar untuk Dapil Payakumbuh dan Limapuluh Kota, menyebut, bahwa dalam konvensi Partai Demokrat nanti, DPC Partai Demokrat Limapuluh Kota akan bersikap sama dengan DPD Partai Demokrat Sumbar, tunduk pada aturan Majelis Tinggi Partai.

"Walau demikian, kami mendukung penuh,  langkah Menteri BUMN Dahlan Iskan menjadi calon presiden dalam konvensi Partai Demokrat bersama 10 calon lainnya. Kami berharap, Pak Dahlan tunduk pada 7 aturan konvensi yang sudah diumumkan Pak SBY," ucap Ladi, panggilan akrab Darman Sahladi

Sekadar diketahui, konvensi capres Partai Demokrat, diiikuti 11 calon. Selain Dahlan Iskan, calon lain yang muncul adalah  mantan KSAD  Pramono Edhie Wibowo, Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan, Duta Besar RI untuk AS Dino Patti Djalal, mantan Panglima TNI Endriartono Sutarto,  Mendag Gita Wirjawan, anggota DPR Hayono Isman, Ketua DPD Irman Gusman, Ketua DPR Marzuki Alie,  dan  Gubernur Sulawesi Utara Sinyo Harry Sarundajang.   

Josrizal Zain berharap, menjelang konvensi capres Partai Demokrat dibuka, seluruh pengurus dan kader Partai Demokrat, agar tetap menjaga soliditas. "Kekompakan kader Partai Demokrat di Sumbar, tidak diragukan lagi. Ini harus dipertahankan, dengan tetap mengedepankan politik santun," tutupnya. (frv)

Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar
      1. 09.09.2013,
        18:11
        jim praban
        Sayang seribu sayang...konvensi hanya akal2an demokrat utk jadikan pramono edhi(adik ipar sby)capres. yg lain jgn mimpi...viva DI...
      2. 07.09.2013,
        00:38
        seo service
        g7lTK3 I truly appreciate this post.Thanks Again. Much obliged. From mobile
      3. 05.09.2013,
        22:29
        budi
        usul sih boleh aja, tapi tetep lihat aja nanti, yang paling cocok siapa.
      4. 04.09.2013,
        17:56
        tisya
        Banyak sekali yang berangan2, tanda bahwa konvensi menarik perhatian banyak pihak
      5. 04.09.2013,
        17:52
        rustee
        Belum tentu menang di konvensi, klopun menang masih ada sesi pemilu eksekutif nantinya, sing penting klo jadi president samaratakan Keamanan, Pembangunan dan Kesejahteraan (harga sembako) terutama untuk masyarakat indonesia timur. heheheheee ini skytex apaan sih kok bisa menobatkan Garuda adalah penerbangan terbaik didunia, ditempat saya tinggal aja si Garuda tak pernah singgah, trusss terbaik didunia sebelah mana? From mobile
      6. 04.09.2013,
        17:19
        budi
        apa kata konvensi nanti donk, jadi lebih baik ikuti perkembangan konvensi nanti.
      7. 04.09.2013,
        16:42
        Wongs Magets
        Dari 11 calon konvensi capres PD, Dahlan Iskan yg paling bgs hasil kerjanya selama ini.
      8. 04.09.2013,
        15:50
        alvaro
        nila!! kamu tdk punya wawasan , hanya omong kosong
      9. 04.09.2013,
        12:40
        yuli setiawan
        Dahlan Iskan, maju terus dan siap bersaing dgn calon lainya.
      10. 04.09.2013,
        12:22
        sendoro
        Wis, DI aku pilih!!!!