Ini Dia Pembisik Gus Dur yang Paling Didengar

Ini Dia Pembisik Gus Dur yang Paling Didengar
Ini Dia Pembisik Gus Dur yang Paling Didengar

jpnn.com - JAKARTA - Mantan penuntun Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Mayjen TNI (Purn) I Putu Sastra Wingarta mengaku dialah satu-satunya pembisik Gus Dur yang paling didengar bisikannya oleh Presiden Gus Dur.

"Kalau sekarang itu namanya Paspamres. Di era saya di lingkungan Istana, namanya penuntun. Kenapa penuntun?, karena presidennya saat itu Gus Dur," kata I Putu Sastra Wingarta, di sela-sela diskusi, di gedung DPD, Senayan Jakarta, Rabu (13/11).

Sebagai penuntun presiden, meski dihadapan banyak orang dia selalu berbisik. "Naik tangga Pak Presiden. Pasti itu dilaksanakan oleh Presiden Gus Dur. Begitu juga saat turun tangga," ungkap I Putu Sastra Wingata.

Bahkan mantan Deputi Bidang Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Lemhanas itu juga sering membisikan agar Gus Dur melambaikan tangan sebagai respon terhadap lambaian tangan yang disampaikan oleh masyarakat.

"Saya berbisik, Pak Presiden lambaikan tangan. Presiden pasti melambaikan tangannya. Jadi saya pembisik presiden untuk tiga hal saja, yakni naik dan turun tangga serta melambaikan tangan. Di luar itu saya tidak berani," ujarnya. (fas/jpnn)


JAKARTA - Mantan penuntun Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Mayjen TNI (Purn) I Putu Sastra Wingarta mengaku dialah satu-satunya pembisik Gus


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News