Tak Ingin Jauh Dari Olahraga, Siap Menjadi Politisi

Tak Ingin Jauh Dari Olahraga, Siap Menjadi Politisi
Chris John saat bersama keluarganya. FOTO: Ist

Chris John, sang legenda tinju Indonesia telah pensiun. Rencana ke depan telah disusun. Kini, dia mulai menikmati kesuksesannya di atas ring.

MUHAMMAD AMJAD, Jakarta 

---------------------------------------------

PUKULAN beruntun dilepaskan Petinju Afrika Selatan, Simpiwe Vetyeka kepada Chris John pada pertarungan kelas bulu di Metro City, Perth, Australia, 6 Desember lalu. Memasuki ronde keenam, wasit  Gustavo Padilla asal Panama akhirnya menghentikan pertarungan setelah The Dragon, julukan Chris John, mengalami cedera parah di pelipis matanya. 
    
Chris pun dinyatakan kalah TKO sekaligus mengakhiri rekor tanpa kalah dalam karir tinju profesional. Dengan kekalahan ini, rekornya menjadi 52 kali bertanding, 48 kali menang (22 KO), sekali kalah, dan tiga kali imbang.
    
Bukan hanya rekor yang terhenti, kekalahan itu pun menjadi akhir karir Petinju 34 tahun itu. pada 19 Desember lalu, dia mengumumkan gantung sarung tinju selamanya di Jakarta.

Chris John yang menjadi legenda baru tinju Indonesia sebelumnya telah berhasil mempertahankan 18 kali gelar superchampions kelas bulu. Kesuksesannya di ring tinju itu juga ditegaskan dengan keberhasilannya untuk tetap hidup dalam kondisi yang cukup dengan investasi dan hasil jerih payahnya selama bertinju. 

Itu jelas terlihat Saat Jawa Pos ke apartemennya.  Berbagai foto dengan sabuk juara dan berbagai trofi penghargaan tertata rapi di sebuah ruang tamu Apartemen yang terletak di daerah Sudirman, Jakarta, tersebut. Berbagai alat elektronik lengkap terdapat di dalamnya.

Di ruangan yang lain, terdapat beberapa alat fitness, latihan yang masih terlihat baru. Kesan ruangan latihan olahraga semakin terlihat dengan adanya sebuah lapangan tenis meja di tengah-tengah ruangan tersebut. 

Kondisi yang ditunjukkan itu, seakan menjadi antitesis dari juara dunia tinju yang dimiliki Indonesia sebelumnya. Ellyas Pical (Juara kelas Bantam yunior IBF) sempat terjarat kasus Narkoba, sampai akhirnya kini menjadi staf KONI. 

Demikian juga Nico Thomas (juara dunia terbang mini IBF), sempat terlunta-lunta, kini dia akhirnya dibantu oleh Kemenpora untuk mendapatkan rumah. Sekarang, Nico sebagai anggota Ikatan Atlet Nasional Indonesia (IANI).
   
Petinju berjuluk The Dragon itu mengakui, dia ingin membuktikan bahwa menjadi seorang petinju tidak identik dengan masa depan suram setelah pensiun.

Chris John, sang legenda tinju Indonesia telah pensiun. Rencana ke depan telah disusun. Kini, dia mulai menikmati kesuksesannya di atas ring. MUHAMMAD

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News