Wapres Akan ke Manado untuk Persiapan Rehabilitasi Pascabanjir

Wapres Akan ke Manado untuk Persiapan Rehabilitasi Pascabanjir
Wapres Akan ke Manado untuk Persiapan Rehabilitasi Pascabanjir

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Presiden RI Boediono akan berkunjung ke Manado untuk meninjau langsung penanganan pasca-bencana banjir yang melanda enam kabupaten/kota di provinsi Sumawesi Utara. Kunjungan itu sekaligus untuk mempersiapkan proses rehabilitasi.

"Pada tadi Menkokesra (Agung Laksono, red) ke lokasi, dalam waktu dekat Wapres juga akan ke Sulawesi Utara khususnya untuk mempersiapkan rehabilitasi dan rekonstruksi bencana," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam diskusi "Bencana Kita" di Jakarta Pusat, Sabtu, (18/1).

Sutopo menambahkan, BNPB dan pemerintah setempat telah berkoordinasi untuk mempersiapkan penataan rekonstruksi dan rehabilitasi wilayah-wilayah yang terkena dampak banjir.  Daerah yang terparah mengalami dampak dari banjir bandang itu di antaranya  Kota Manado, Tomohon, Minahasa, Minahasa Selatan, dan Kepulauan Sangil.

Akibat bencana itu, 18 orang meninggal dunia dan dua orang lainnya hilang. Sedangkan 101 rumah warga hanyut dan 10 ribu warga mengungsi.

"Kita dan pemdanya melakukan perhitungan berapa besar kerugian dan besarnya dampak banjir bandang di Sulut. Kemudian diperhitungkan berapa kebutuhan untuk rehabilitasi dan rekonstuksi paska bencana," sambung Sutopo.

Sejauh ini, kata Sutopo, pihaknya telah menyiapkan dana sekitar Rp 3,13 miliar siap pakai untuk Pemprov Sulawesi Utara dan bantuan logistik peralatan seberat 57 ton. Itu semua telah diberangkatkan dengan pesawat Hercules siang tadi. BNPB juga mengirimkan tim untuk memberikan pendampingan penanganan bencana pada pemda setempat. (flo/jpnn)


JAKARTA - Wakil Presiden RI Boediono akan berkunjung ke Manado untuk meninjau langsung penanganan pasca-bencana banjir yang melanda enam kabupaten/kota


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News