Larang KRI Usman Harun Berlabuh di Singapura

Larang KRI Usman Harun Berlabuh di Singapura
Larang KRI Usman Harun Berlabuh di Singapura

jpnn.com - SINGAPURA - Polemik pemberian nama Kapal Perang RI (KRI) Usman Harun dengan negara Singapura ternyata belum habis. Kali ini Negeri Singa itu kembali menegaskan melarang KRI Usman Harun masuk ke pelabuhan dan pangkalan laut Singapura.

Penegasan itu disampaikan Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen di parlemen, seperti dilansir Channelnewsasia, Selasa (18/2). "Singapura tidak akan mengizinkan kapal militer yang diberi nama Usman Harun singgah berlabuh di pelabuhan dan pangkalan laut kami," kata Ng.

Larangan berlabuh bagi KRI Usman Harun merupakan bagian dari protes Singapura terhadap penggunaan nama dua prajurit KKO (cikal bakal Marinir) yang dihukum mati di Singapura pada 1965. "Tidak mungkin Angkatan Bersenjata Singapura sebagai pelindung bangsa ini untuk berlayar bersama atau menggelar latihan dengan kapal ini," tambahnya.

Seperti diketahui dulu pemerintah Indonesia terlibat dalam konfrontasi dengan negara Federasi Malaysia, termasuk Singapura di dalamnya, ketika Usman Ali dan Harun Said ditangkap di Singapura. Mereka dijatuhi hukuman mati dengan dakwaan tahu rencana serangan dan pengeboman MacDonald House di Orchard Road tanggal 10 Maret 1965 yang menewaskan tiga orang dan melukai puluhan orang lainnya.

Meskipun nama KRI Usman Harun telah menimbulkan ketegangan, kapal jenis frigat buatan Inggris tersebut kini belum tiba di wilayah Indonesia tetapi masih di Inggris.

Beberapa waktu lalu pejabat pertahanan Indonesia batal menghadiri pameran dirgantara Singapura di tengah ketegangan terkait penamaan KRI Usman Harun. (esy/jpnn)


SINGAPURA - Polemik pemberian nama Kapal Perang RI (KRI) Usman Harun dengan negara Singapura ternyata belum habis. Kali ini Negeri Singa itu kembali


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News