Enam Kapal Perang Disiapkan Untuk Operasi Trisila di Papua & Maluku

Enam Kapal Perang Disiapkan Untuk Operasi Trisila di Papua & Maluku
Tangkapan layar sejumlah prajurit Koarmada III TNI Angkatan Laut membahas rencana pelayaran dan penempatan alutsista untuk Operasi Trisila Koarmada III Tahun Anggaran 2024 di atas kapal markas KRI Teluk Wondama-527 saat sandar di Sorong, Papua Barat Daya, Kamis (25/4/2024) sebagaimana diunggah akun resmi Instagram Koarmada III TNI AL @koarmada3_sorong. ANTARA/Genta Tenri Mawangi

jpnn.com, JAKARTA - Komando Armada (Koarmada) III TNI Angkatan Laut menyiapkan enam kapal perang, tiga tank amfibi, tiga perahu karet, dan 200 prajurit untuk mengikuti Operasi Trisila Koarmada III Tahun Anggaran 2024 di perairan sekitar Papua dan Maluku.

Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Koarmada III Laksamana Pertama TNI Wawan Trisatya Atmaja, yang memimpin operasi itu, menyebut dalam rangkaian operasi ada juga latihan pendaratan amfibi di pantai di Distrik Ransiki, Manokwari, Papua Barat.

"Latihan ini melibatkan 200 orang terdiri dari personel gabungan Koarmada III, Pasukan Marinir (Pasmar) 3, dan (pengawak) KRI jajaran Koarmada III," ujar Danguspurla Koarmada III ketika dihubungi dari Jakarta, Jumat (26/4).

Dalam siaran resmi Guspurla Koarmada III, Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI Hersan memimpin apel gelar pasukan dan alutsista untuk latihan pendaratan itu.

Apel itu berlangsung di Dermaga Koarmada III, Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat Daya, Kamis (25/4), dengan komandan apel Komandan Satuan Kapal Amfibi (Dansatfib) Koarmada III Kolonel Laut (P) Hartanto.

Selepas apel gelar pasukan, persiapan untuk Operasi Trisila dilanjutkan dengan tahap tactical floor game (TFG) dalam kapal markas, KRI Teluk Wondama-527. TFG sederhananya merupakan tahapan simulasi operasi.

Operasi Trisila Koarmada III 2024 dijadwalkan berlangsung pada pekan terakhir April 2024 sampai dengan 2 Juni 2024.

Rute pelayaran Operasi Trisila Koarmada III 2024 dimulai dari Sorong, Papua Barat Daya, kemudian kapal-kapal yang terlibat berlayar ke Manokwari, Papua Barat.

TNI Angkatan Laut (AL) menyiapkan sejumlah pasukan dan kapal perang untuk Operasi Trisila di Papua dan Maluku.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News