Indonesia Masih Bantu Malaysia Cari MH370

Indonesia Masih Bantu Malaysia Cari MH370
Indonesia Masih Bantu Malaysia Cari MH370

jpnn.com - JAKARTA -- Menko Polhukam Djoko Suyanto menyatakan Indonesia akan terus membantu mencari hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370, sesuai permintaan pemerintah Malaysia.

Indonesia akan menyisir jalur selatan di kawasan Samudera Hindia. Ini disampaikannya usai mengikuti rapat terbatas di Kantor Presiden, Rabu (19/3) sore. "Belum ada penarikan bantuan Indonesia apapun terhadap upaya-upaya pencarian tersebut," ujar Djoko.

Menurut Djoko, Indonesia tetap melaksanakan bantuan tersebut sampai nanti pemerintah memutuskan perlu dilanjutkan pencarian atau tidak.

Sejak 10 Maret lalu hingga saat ini Indonesia telah mengerahkan 5 kapal KRI, 1 pesawat Boeing 737 AU Patroli Maritim, dan 1 pesawat udara Angkatan Laut untuk membantu Malaysia.

"Pola atau mekanisme pencarian atau pertolongan ini dikoordinasi oleh Badan SAR Malaysia. Ke arah mana, siapa saja, dan negara apa saja yang terlibat disitu sangat ditentukan oleh Badan SAR Malaysia," kata Djoko.

Daerah pencarian yang terdiri dari sektor utara dan sektor selatan. Menurut analisis terakhir, pergerakan pesawat berbelok dari arah teluk Thailand sampai ke Barat. Radar menangkap titik terakhir hilangnya pesawat MH370 di sekitar Kepulauan Andaman atau Nikobar, di Samudera Hindia.

"Jadi sektor selatan itu adalah sektor kita. Bukan berarti selatan sampai dengan Lautan Hindia di daerah Pelabuhan Ratu, tapi di Selatan di track terakhir pesawat itu. Ini yang sedang diorganisasikan oleh Badan SAR Malaysia," tuturnya.

Mengenai permintaan Malaysia soal data-data 7 penumpang WNI, Djoko menegaskan bahwa permintaan tersebut juga diberikan kepada semua negara yang warganya juga berada dalam pesawat. Data-data penumpang itu untuk dilihat dan dikonfirmasi.

JAKARTA -- Menko Polhukam Djoko Suyanto menyatakan Indonesia akan terus membantu mencari hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370, sesuai permintaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News