Tahun Ini, Penyelenggaraan Haji Terburuk

Tahun Ini, Penyelenggaraan Haji Terburuk
Tahun Ini, Penyelenggaraan Haji Terburuk
JAKARTA - Selain Fraksi PDI-P memvonis penyelenggaraan Haji tahun ini terburuk, akhirnya Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPD) juga memberikan penilaian yang sama. Terutama menyangkut fasilitas pemondokan dan transportasi.

''Penyelenggaraan ibadah haji tahun 2008M/1429H adalah yang terburuk sepanjang sejarahnya. Hasil pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di Tanah Suci dan Tanah Air menemukan keterburukannya, terutama menyangkut pemondokan dan transportasi,'' ujar Wakil Ketua DPD RI Laode Ida di lobby Gedung DPD, Jakarta, Selasa (16/12).

Menyangkut pemondokan, lokasi jaraknya berkisar antara 18-19 km dari Masjidil Haram. Soal transportasi, karena kurangnya angkutan yang melayani Jeddah-Madinah-Makkah dan Makkah-Arafah-Mina maka banyak jamaah haji yang terpaksa berjalan kaki. ''Sebelumnya, dijanjikan bus sangat bagus untuk mengangkut jamaah haji,'' sambungnya.

Kedua aspek yang terburuk (pemondokan dan transportasi) misalnya, ditemukan lokasi pemondokan di Makkah yang terjauh dari Masjidil Haram yang menyulitkan transportasi sehingga mengakibatkan kelelahan fisik dan mental serta membatasi pergerakan jamaah dari/ke Masjidil Haram. Selain itu, fasilitas pemondokan yang tidak memadai.

JAKARTA - Selain Fraksi PDI-P memvonis penyelenggaraan Haji tahun ini terburuk, akhirnya Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPD) juga memberikan penilaian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News