Amien Sebut Jokowi Turun Level karena Sowan ke Dubes

Amien Sebut Jokowi Turun Level karena Sowan ke Dubes
Ketua Majelis Pertimbangan Partai Amanat Nasional (MP PAN) Amien Rais menyebut Jokowi turun leven temui Dubes Asing. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Mantan Ketua MPR RI Amien Rais ikut mengomentari pertemuan antara calon presiden (capres) dari PDI Perjuangan Joko Widodo dengan sejumlah duta besar negara asing di rumah seorang pengusaha di Jakarta Selatan beberapa waktu lalu. Menurut Amien, langkah Jokowi menemui para dubes itu merupakan sebuah kesalahan besar.

Amien menjelaskan, dalam ilmu tata negara, seorang duta besar levelnya jauh berada di bawah seorang capres. "Capres itu secara tata negara lebih tinggi dari pada dubes. Dubes itu bahkan di bawah cawapres," kata Amein sesaat sebelum menghadiri pertemuan Forum Koalisi Politik Islam di kawasan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (16/4).

Karena itu, lanjut dosen di jurusan hubungan internasional Fisipol UGM itu, Jokowi tidak pantas jowan kepada para diplomat asing itu. "Kalau dubes yang berkunjung (ke Jokowi) itu wajar," ulasnya.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu Jokowi menghadiri acara makan malam bersama sejumlah duta besar di rumah pengusaha Jacob Soetojo. Hadir dalam pertemuan itu antara lain Dubes Amerika Serikat, Inggris, Norwegia, Republik Rakyat Tiongkok, Peru, Meksiko, Turki, Myanmar dan Vatikan.

Jokowi hadir dalam pertemuan itu bersama Ketua Umum Megawati Sukarnoputri. Namun Jokowi mengaku datang karena diundang oleh keluarga Jacob. (dil/jpnn)

JAKARTA - Mantan Ketua MPR RI Amien Rais ikut mengomentari pertemuan antara calon presiden (capres) dari PDI Perjuangan Joko Widodo dengan sejumlah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News