Vinyasa Yoga Cocok bagi yang Puasa

Vinyasa Yoga Cocok bagi yang Puasa
TAK SULIT: Didik Purwanto (tengah) memeragakan salah satu gerakan vinyasa yoga bersama teman-temannya. (Dimas Alif/Jawa Pos)

jpnn.com - SURABAYA – Saat puasa, orang biasanya menghindari olahraga. Namun, ada olahraga yang justru dianjurkan saat puasa. Yaitu, vinyasa yoga. Dengan vinyasa yoga, badan tidak mudah lemas dan rasa lapar bisa ditekan. Sebab, gerakan vinyasa yoga bukan menguras energi, tapi membakar kalori.

Hal itu disampaikan Didik Purwanto, instruktur yoga di Surabaya. Menurut dia, vinyasa yoga adalah yoga yang pertama dipraktikkan selama bulan puasa di tempat dirinya melatih.

Dia terinspirasi dari beberapa member yang sering lemas dan bermalas-malasan selama puasa. ”Katanya kalau puasa mudah capek. Karena itu, mereka jarang mau bergerak,” ungkapnya.

Padahal, kata dia, justru sebaliknya. Dengan aktivitas dan gerakan, seseorang tidak gampang lapar serta tubuh lebih segar. Hal itu telah dibuktikannya. Sejak vinyasa yoga pertama dibuka selama bulan puasa, member-nya ketagihan. Apalagi gerakannya mudah dilakukan dan aman.

Tidak perlu khawatir pingsan akibat kekurangan cairan atau kelelahan. Yoga itu malah membuat tubuh semakin bertenaga dan siap diajak menahan lapar. ”Yoga ini sangat efektif dilakukan dua jam sebelum berbuka,” imbuhnya.

Gerakannya juga sederhana. Pertama, perlu disiapkan matras yang nyaman. Kemudian, meditasi selama lima menit. ”Meditasi untuk menenangkan diri dan fokus,” jelasnya.

Menurut pria berbadan atletis tersebut, setiap gerakan dalam vinayasa mudah. Karena itu, siapa pun tidak akan kesulitan melakukannya. ”Orang yang belum pernah yoga juga bisa melakukannya. Aman,’’ lanjutnya.

Setelah meditasi, dilanjutkan empat variasi gerakan dasar vinyasa. Di antaranya, scorpion pose atau gerakan seperti kalajengking. Menurut dia, gerakan tersebut berguna untuk menguatkan tulang punggung, pundak, serta perut. ”Gerakan ini bikin badan enteng dan tidak mudah capek,” jelasnya.

SURABAYA – Saat puasa, orang biasanya menghindari olahraga. Namun, ada olahraga yang justru dianjurkan saat puasa. Yaitu, vinyasa yoga. Dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News