Pendaftaran Ulang PTN Dibuka Mulai Hari Ini

2.073 Peserta SBMPTN Dinyatakan Lulus di Untad

Pendaftaran Ulang PTN Dibuka Mulai Hari Ini
Pendaftaran Ulang PTN Dibuka Mulai Hari Ini

jpnn.com - PALU - Hasil ujian tulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sudah dapat diketahui sejak pukul 15.00 WITA, Rabu (16/7).  Pengumuman hasil seleksi tersebut dapat dilihat pada laman SBMPTN. Hal tersebut diungkapkan Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Tadulako (Untad) Prof H Hasan Basri PhD.

Selain itu, untuk peserta yang dinyatakan lulus di Untad, juga bisa melihat pengumuman yang dimuat pada harian Radar Sulteng edisi hari ini, Kamis (16/7). Dari 7.812 peserta SBMPTN yang menjadikan Untad sebagai perguruan tinggi pilihannya, hanya ada 2.073 peserta yang dinyatakan lulus seleksi.

Jumlah kelulusan tersebut lebih besar jika kuota penerimaan pada jalur ini yang hanya sebesar 30 persen dari jumlah penerimaan di Untad sebesar 5.250 orang. Hal tersebut untuk menutupi kekurangan pada jalur sebelumnya, yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

“Pada jalur undangan lalu (SNMPTN.red) banyak peserta yang sudah dinyatakan lulus tapi tidak melakukan pendaftaran ulang. Jadi untuk itu kita tutupi dengan melebihkan penerimaan pada jalur ini (SBMPTN.red),” terang Prof Hasan seperti yang dilansir Radar Sulteng (JPNN.com), Kamis (17/7).

Untuk proses pendaftaran ulang bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lulus pada jalur ini akan dibuka mulai hari ini hingga 22 Juli mendatang. Pendaftaran ulang dilakukan dengan terlebih dulu melakukan pembayaran biaya pendidikan atau Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Pembayaran dapat dilakukan di teller kantor cabang Bank BNI untuk FKIP, FISIP, Fekon, Fakum, FMIPA, Fakultas Kehutanan dan FKIK. Sedangkan untuk Fakultas  Pertanian, Fakultas  Teknik serta Fakultas  Peternakan dan Perikanan dilakukan pada Bank Syariah Mandiri (BSM) dengan hanya menyebutkan Nomor Pendaftaran SBMPTN  Tahun 2014. Pembayaran tidak boleh dilakukan melalui transfer rekening. Besaran UKT dapat dilihat di BAAKPSI Universitas Tadulako.

Setelah melakukan pembayaran, peserta kemudian melakukan pendaftaran ulang dengan membawa ijazah atau SKHU dengan dilampirkan bukti pembayaran yang sudah dilakukan serta kartu tanda peserta. ”Peserta yang tidak melakukan pendaftaran ulang sesuai dnegan batas waktu yang telah ditentukan, maka secara otomatis akan dinyatakan gugur. Untuk memenuhi jumlah kuota penerimaan, kita akan menutupinya pada penerimaan jalur lokal (SMMPTN),” lanjut Prof Hasan.

Selain pengumuman hasil SBMPTN, untuk pendaftar program pascasarjana juga diumumkan bersamaan. Sebanyak 761  peserta yang dinyatakan lulus pada program Pascasarjana Untad baik pada program magister, maupun pada program doktoral.

PALU - Hasil ujian tulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sudah dapat diketahui sejak pukul 15.00 WITA, Rabu (16/7). 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News