Sisa Lima Provinsi, Prabowo-Hatta Hanya Unggul Tipis di Malut

Sisa Lima Provinsi, Prabowo-Hatta Hanya Unggul Tipis di Malut
Sisa Lima Provinsi, Prabowo-Hatta Hanya Unggul Tipis di Malut

jpnn.com - JAKARTA - Hingga Selasa (22/7) pukul 01.45 WIB, Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah merampungkan rekapitulasi suara pemilu presiden tingkat nasional untuk 28 dari 33 provinsi yang ada. Hasilnya, pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla masih unggul dari Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

Pasangan nomor urut 2 itu telah sukses meraih 50.326.198 suara. Sedangkan Prabowo-Hatta sejauh ini baru mampu mendulang 45.550.254 suara.

Artinya, untuk keluar sebagai pemenang  pemilu, perolehan suara Prabowo-Hatta di lima provinsi tersisa harus cukup besar untuk mengejar ketinggalan sekitar 4,7 juta suara. Lima provinsi dimaksud adalah, DKI Jakarta, Jawa Timur, Sumatera Utara, Maluku Utara (Malut) dan Papua.

Jika dilihat dari hasil rekapitulasi tingkat provinsi masing-masing wilayah tersebut, peluang mereka amat sangat tipis. Pasalnya, hanya di Maluku Utara lah pasangan nomor urut 1 itu dinyatakan sebagai peraih suara terbanyak. Itu pun selisihnya hanya sekitar 50 ribu suara.

Di DKI Jakarta, pasangan yang diusung Koalisi Merah Putih itu keok dengan selisih 300 ribu suara. Sementara di Sumatera Utara, mereka kalah sekitar 600 ribu suara. Bahkan untuk Provinsi Papua dan Jawa Timur, selisih kedua pasang calon ini mencapai lebih dari 1 juta suara.

Jika angka-angka tersebut tidak berubah di rekapitulasi tingkat nasional, maka suara Jokowi-JK akan semakin jauh meninggalkan Prabowo-Hatta. Otomatis, pasangan calon yang diusung koalisi lima partai politik itu keluar sebagai pemenang Pilpres 2014.

Seperti diberitakan, KPU akan melanjutkan rekapitulasi untuk lima wilayah yang tersisa siang ini, Selasa (22/8). Sedangkan, untuk hasilnya akan langsung diumumkan pada sore harinya. (dil/jpnn)

Berikut perolehan suara di lima wilayah tersisa, berdasarkan hasil rekapitulasi tingkat provinsi :

JAKARTA - Hingga Selasa (22/7) pukul 01.45 WIB, Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah merampungkan rekapitulasi suara pemilu presiden tingkat nasional

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News