Libur Produksi, Pabrik Furnitur Ludes

Libur Produksi, Pabrik Furnitur Ludes
Libur Produksi, Pabrik Furnitur Ludes

jpnn.com - SIDOARJO – Kebakaran kembali terjadi di hari fitri. Kali ini PT Wangsa Manunggal Jaya Perkasa di Jl Jawa Wadungasih, Buduran, Sidoarjo, yang dilalap si jago merah. Pabrik furnitur pembuat meja, kursi, dan keranjang dari kayu, rotan, plastik, serta besi itu ludes terbakar. Yang tersisa hanya bagian depan, yakni gedung sekretariat dan kantor.

Unari, warga Wadungasih, menuturkan, dirinya melihat kepulan asap dari pabrik sekitar pukul 17.00 (1/8). Asap tersebut berasal dari bagian tengah gedung. Tidak lama berselang, dari kepulan asap itu muncul api. Pria 42 tahun tersebut ikut memadamkan api bersama satpam dan warga lainnya. ”Kami padamkan dengan menyemprotkan air menggunakan mesin diesel,” ungkapnya. Mereka lantas menghubungi petugas pemadam kebakaran (PMK) Sidoarjo.

Untuk memadamkan api yang semakin besar, enam unit mobil PMK Kabupaten Sidoarjo diterjunkan. Subandi, Danton PMK, mengatakan, berdasar dugaan sementara, kebakaran terjadi akibat korsleting listrik. Saat ini pabrik tersebut kosong. Sejak 26 Juli karyawan libur dan baru masuk untuk produksi pada 6 Agustus mendatang.

Kapolsek Buduran Kompol Hendy Kurniawan juga belum bisa memastikan penyebab kebakaran tersebut. Hanya, kebakaran diduga terjadi karena hubungan arus pendek listrik di ruang kantor lantai 2.

Saat itu sekitar pukul 17.30 satpam yang hendak menyalakan lampu menjelang petang mendengar suara seperti barang terbakar. Tidak lama kemudian, terjadi kebakaran. ”Untuk penyebab pastinya, kami masih menunggu hasil dari labfor,” ungkap Hendy.

Dalam kebakaran tersebut, tidak ada korban jiwa. Namun, diperkirakan kerugian ratusan juta rupiah. Sebab, dua unit truk Colt Diesel dan sebuah mobil L 300 di gudang ikut terbakar. Tiga mobil sebagai sarana operasional seperti mengangkut barang tersebut tidak bisa diselamatkan karena api sudah mengepung area gudang.

Kebakaran kali ini merupakan yang ketiga di Sidoarjo sejak Lebaran. Kebakaran pertama menimpa sebuah rumah di Desa Putat RT 5, RW 1, Tanggulangin, pada Rabu malam (30/7). Pada Kamis sore (31/7), musibah yang sama menimpa rumah Ahmad Zainuri di Perumahan Griya Candramas Blok GD No 47, Desa Pepe, Sedati. (rst/may/c6/nw)

SIDOARJO – Kebakaran kembali terjadi di hari fitri. Kali ini PT Wangsa Manunggal Jaya Perkasa di Jl Jawa Wadungasih, Buduran, Sidoarjo,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News