Terakhir Kalinya Bagi SBY Pimpin Upacara HUT RI di Istana

Terakhir Kalinya Bagi SBY Pimpin Upacara HUT RI di Istana
Terakhir Kalinya Bagi SBY Pimpin Upacara HUT RI di Istana

jpnn.com - JAKARTA - Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono hari ini (17/8) menjadi inspektur upacara pada peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di halaman Istana Merdeka. Ini adalah terakhir kalinya SBY memimpin upacara pengibaran sang saka Merah Putih setelah 10 tahun menjadi presiden.

Dalam upacara itu, SBY mengenakan kemeja putih berbalut jas dan celana hitam serta dasi berwarna merah 'maroon'. Sedangkan Ibu Negara Ani Bambang Yudhoyono yang mendampingi mengenakan kebaya dengan warna yang senada dengan dasi SBU.

SBY didampingi Wakil Presiden Boediono dan Ibu Herawati serta jajaran Kabinet Indonesia Bersatu II. Namun, tak banyak perubahan dari persiapan hingga proses upacara HUT Kemerdekaan yang berlangsung di halaman depan Istana Merdeka itu.

Hadir pula para duta besar dari negara sahabat sebagai tamu undangan. Pengibaran bendera Merah Putih ini dilakukan oleh anggota Paskibraka yang merupakan hasil seleksi dari 34 provinsi di Indonesia.

Pasukan Paskibraka ini telah berlatih selama satu bulan di Jakarta dan telah dilantik Presiden SBY pada Kamis (14/8) lalu.  Selain pengibaran bendera, peringatan HUT RI juga dimeriahkan dengan penampilan kesenian tari dan paduan suara yang menyajikan kebudayaan Indonesia dari mulai Aceh hingga Papua.

Siang harinya, pukul 12.00 WIB, SBY menghadiri kegiatan beramah-tamah dengan para perintis kemerdekaan, veteran, purnawirawan, wredhatama, warakawuri, pahlawan nasional, dan Angkatan 45 di Istana Negara.

Sementara sore nanti, SBY akan memimpin Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih di halaman Istana Merdeka yang diawali pertunjukan marching band dan kesenian pada pukul 15.00 WIB. Sedangkan pada pukul 20.00 WIB, Presiden SBY akan menghadiri resepsi kenegaraan di halaman tengah antara Istana Merdeka dan Istana Negara.

Kegiatan di Istana juga dihadiri asangan capres-cawapres nomor urut 2 Joko Widodo dan Jusuf Kalla, didampingi istri masing-masing. Joko Widodo hadir sebagai Gubernur DKI Jakarta, sedangkan Jusuf Kalla sebagai mantan Wapres RI era 2004-2009.

JAKARTA - Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono hari ini (17/8) menjadi inspektur upacara pada peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News