PT Len Industri Garap Ekspor Software Kapal Perusak Kawal Rudal

PT Len Industri Garap Ekspor Software Kapal Perusak Kawal Rudal
PT Len Industri Garap Ekspor Software Kapal Perusak Kawal Rudal

jpnn.com - BANDUNG - PT Len Industri (Persero) kembali mendapatkan kontrak ekspor software kapal perang jenis perusak kawal rudal (PKR) atau fregat. Perusahaan pelat merah itu bekerja sama dengan perusahaan multinasional Thales Belanda.

"Proyek ini memberi warna baru dalam bisnis PT Len. Menjual man hour akan memberikan presentase keuntungan signifikan sekaligus strategis dalam pengembangan teknologi industri pertahanan," kata Direktur Utama PT Len Industri Abraham Mosse seusai penandatanganan dengan Thales Netherlands di Bandung, Selasa (26/8).

Kontrak tersebut ditandatangani oleh Dirut Len Abraham Mosse dengan CEO Thales Netherlands Gerben Edelijn yang disaksikan oleh anggota Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP) Marsekal Madya Purn Eries Heryanto. 

Menurut Abraham, penandatanganan kerja sama itu dilakukan dengan tujuan untuk lebih memperkuat kerja sama di bidang Naval Combat Management System dan Combat Sistem Integration di masa depan. "Khususnya program perusak kawal rudal atai fregat," ujarnya.

Menurutnya, pemerintah melakukan pengadaan dua kapal jenis itu dimana PT Len dan Thales menggarap perangkt CMS yang mengintegrasikan sistem komunikasi di kapal tersebut.

Pengadaan kapal perang itu dilakukan pemerintah bekerja sama dengan 'shipyard' dari Belanda. Yakni, Damen Schelde Naval Shipbuilding (DSNS) dan berpartner dengan Thales Nederland (TNL) sebagai Lead Integrator SEWACO (Sensor, Weapon, and Command). 

Dalam kontrak kerjasama itu, PT Len menargetkan proyek tersebut rampung dalam jangka waktu delapan bulan. Yakni mencakup pengembangan, produksi dan testing integration software untuk EO Tracker, Decoy Launcher dan SAM. 

Nantinya, software yang dikembangkan dan diproduksi oleh PT Len bukan saja digunakan untuk kapal PKR pesanan pemerintah Indonesia, melainkan juga untuk memenuhi pesanan dari negara lain.

BANDUNG - PT Len Industri (Persero) kembali mendapatkan kontrak ekspor software kapal perang jenis perusak kawal rudal (PKR) atau fregat. Perusahaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News